BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, January 17, 2007

Syahrial Lantik Alex-Pahri

Pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Ir H Alex Noerdin-H Pahri Azhari, kemarin (16/1) bertempat di Stable Berkuda, Sekayu, secara resmi dilantik. Pelantikan pasangan ini dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel Ir Syahrial Oesman atas nama Presiden RI untuk memimpin Kabupaten Muba lima tahun ke depan, 2007-2011.

Meski acara pelantikan baru dimulai pukul 10.00 WIB, tapi kesibukan di lokasi pelantikan sudah terasa sejak pukul 06.00 WIB. Puluhan anggota polisi dari Polres Muba tampak sibuk mengatur arus kendaraan yang akan melintas di Jl Kolonel Wahid Udin, Stabel Berkuda yang disulap menjadi ruangan semi-indoor. Tempat duduk undangan juga sudah diatur dengan memberikan tulisan, mulai dari tamu VVIP (very-very important person) sampai VIP biasa. Para undangan yang hadir juga harus melalui beberapa pemeriksaan, dengan harus menunjukkan undangan sampai melewati metal detector yang dipasang di pintu masuk. Jalan yang dipasang metal detector itu dijaga beberapa petugas dari Brimob Polda Sumsel dan Reskrim Polres Muba.
Tepat pukul 10.00 WIB, Gubernur Sumsel Ir Syahrial Oesman yang beriringan dengan Bupati dan Wakil Bupati Muba terpilih, Ir H Alex Noerdin-H Pahri Azhari, memasuki ruang rapat paripurna istimewa pelantikan kepala daerah. Ketua DPRD Muba H Sulgani Pakuali yang memimpin rapat langsung membuka sidang dengan terlebih dahulu mempersilakan Sekretaris DPRD Muba H Rattudin Machdin membacakan daftar hadir 40 anggota dewan Muba. Dari 40 anggota DPRD Muba, yang hadir 35 orang. Empat anggota dewan lainnya tidak hadir. “Satu orang wakil rakyat lainnya sedang menunaikan ibadah haji,” kata Sulgani.
Sebelum melantik dan mengambil sumpah pasangan Ir H Alex Noerdin-H Pahri Azhari, Gubernur Sumsel Ir Syahrial Oesman membacakan Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang pengangkatan pasangan kepala daerah yang diusung koalisi Partai Golkar dengan PAN Muba itu. SK Mendagri Nomor 131.16-15 Tahun 2007 ini tentang pemberhentian penjabat bupati dan pengangkatan Bupati Muba. SK tersebut mengukuhkan Ir H Alex Noerdin sebagai bupati Muba.
Sedangkan SK Nomor 132.16-16 Tahun 2007 tentang pengesahan pengangkatan H Pahri Azhari sebagai wakil bupati Muba. Sama seperti pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat dan pengurus organisasi lainnya, pelantikan pasangan Ir H Alex Noerdin dan H Pahri Azhari diawali dengan naskah pelantikan dan pengambilan sumpah oleh pejabat yang lebih tinggi. Bertindak selaku rohaniawan pengambilan sumpah adalah Kepala Kandepag Muba Drs H Zulkiah A Kohar.

Beberapa tokoh nasional turut menghadiri pelantikan pasangan H Alex Noerdin-H Pahri Azhari. Seperti Ketua DPR-RI yang juga wakil ketua umum DPP Partai Golkar Agung Laksono, Ketua Umum DPP PAN Sutrisno Bachir, Ketua Umum DPP PBR Bursyah Zarnubi, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshidiqie, serta hampir seluruh bupati dan wali kota se-Sumsel. Sayangnya, kehadiran Agung Laksono tidak sampai dengan berakhirnya acara. Politisi Partai Golkar itu keburu pulang setelah pembacaan dan pengambilan sumpah pasangan kepala daerah Muba.

Sumber : Sumeks

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: