BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Monday, May 28, 2007

Pasokan Gas: SUMSEL Siap Kirim Gas ke SUMUT

Sumatera Selatan siap memasok kebutuhan gas untuk industri dan pembangkit listrik yang berada di Provinsi Sumatera Utara dari lapangan gas Grissik, Kabupaten Musi Banyuasin. Namun, eksplorasi lapangan gas yang baru harus segera dimulai karena keterbatasan cadangan gas Sumsel yang terdapat di Grissik.

Kepala Dinas Pertambangan dan Pengembangan Energi Sumsel Nono Suratno, Minggu (27/5), mengutarakan, cadangan gas potensial di Sumsel diperkirakan mencapai 24 triliun kaki kubik yang akan habis selama 39 tahun. Namun, jumlah cadangan gas terbukti yang siap dieksplorasi baru mencapai 7 triliun kaki kubik.

"Cadangan gas terbukti di Sumsel akan habis dalam waktu 14 tahun kalau tidak ada eksplorasi baru. Perlu dilakukan eksplorasi baru untuk meningkatkan cadangan gas potensial menjadi cadangan gas terbukti," kata Nono.

Menurut Nono, produksi gas Sumsel saat ini baru 800 juta kaki kubik per hari. Setelah beroperasinya proyek pemipaan South Sumatera-West Java (SSWJ) tahap I dan II secara optimal, produksi gas Sumsel tahun 2009 akan mencapai 1,6 juta kaki kubik per hari.

Tahap I merupakan proyek penyaluran gas dari Pagardewa-Labuhan Maringgai-Cilegon menyalurkan gas dari lapangan milik PT Pertamina. Tahap II menyalurkan gas dari lapangan milik ConocoPhillips di Grissik melalui Pagardewa-Labuhan Maringgai-Muara Bekasi.

Nono mengatakan, untuk menyalurkan gas dari Grissik ke Sumut terkendala karena jaringan pipa. Hingga saat ini, jaringan yang baru tersedia hanya dari Grissik ke Duri, Riau.

"Tahun ini jaringan pipa dari Duri ke Sumut belum tersedia, mungkin tahun depan mulai dibangun dan terus sampai Singapura. Jaringan pipa dari Grissik ke Duri sudah ada sejak 1998. Sumut bisa menggunakan gas dari Sumsel setelah proyek pemipaan SSWJ tahap II selesai," kata Nono.

Sumber: Kompas

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: