BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Monday, June 15, 2009

Pindang Rusa ( Ikan Ruwan ) dan Jus Pinang

ANDA pernah berkunjung ke Kota Sekayu, Musi Banyuasin? Bila Anda datang atau sempat melewati ke kota “Kuyung” ini, rasanya rugi bila tak mencoba berbagai kuliner khas daerah Sungai Musi. Tentu yang paling pavorit adalah pindang, yang secara umum adalah pindang ikan patin, baung, dan gabus (yang dalam bahasa Sekayu disebut ikan ruwan). Soal rasa tidak diragukan lagi, gurih dengan khas lidah orang Musi.

Namun, ternyata Kota Serasan Sekate ini tak hanya menyajikan menu pindang ikan. Di sebuah restoran kelas menangah, Dermaga Indah Building, Muba Link Sekayu di Jl Dokter Selamat kelurahan Balai Agung, juga menyajikan pindang iga rusa, pindang daging rusa, sate dan steak rusa. Soal rasa tak perlu diragukan, dengan khas daging rusa yang renyah dan nikmat.

Kenikmatan Anda menyantap makanan dari rusa tersebut akan semakin luar biasa, karena restoran yang oleh masyarakat sana lebih dikenal dengan KDI, persis terletak di pinggir Sungai Musi. Sehingga seraya menyantap makanan, Anda disuguhkan suasana alam sungai, dengan latar hilir mudik perahu nelayan dan motor sungai. “Suasana restoran ini sangat bagus, kita makan jadi sangat santai,” ujar Ny Indri, seorang pengunjung yang kebetulan makan bersama teman-teman bisnisnya.

Menurut Firdaus Marvels, SE, Manager Dermaga Indah Building, pengunjung seolah tidak percaya menu yang mereka hidangkan mampu diramu oleh tiga koki andal. Sehingga pas dengan rasa hidangan hotel berbintang. “Tiga koki kami siap memanjakan lidah pengunjung,” tukasnya berpromosi. Untuk mendapatkan bahan baku berupa rusa, Firdaus mengaku tidak terlalu sulit, karena sifatnya langganan dan bahan baku bisa dipesan satu hari sebelumnya di kawasan Pangkalan Balai atau mendapatkan langsung dari pemburu di kawasan hutan.

Anda pun tak perlu mengeluarkan uang banyak, satu posri pindang rusa plus nasi dan sambal cukup membayar Rp 25.000, begitu juga dnegan pindang iganya. Sementara steak cukup membayar Rp 45.000 per posri.

Jus PinangTak hanya menu makanan, aneka minuman jus pun akan memanjakan lidah Anda. Salah satu jus andalan retoran KDI ini adalah jus pinang. Konon, selain rasanya nikmat, jus dari bahan baku pinang ini dapat menambah stamina bagi kaum pria. Ketika sampai di lidah, rasanya manis dengan khas rasa yang sulit untuk dijelaskan. Menurut salah seorang karyawannya, selain dari pinang, jus ini juga ditambah telur bebek dan madu asli dari Muba. Satu gelas jus pinang ini cukup membayar Rp 10.000. Hemat kan!!

Sumber: Sripo 14/06/09

5 comments:

Anonymous said...

anonymous (aquneean):
Iya kalau daerah sumatera terkenal masakan gulai ikan.Seperti di Riau ataupun Kepri dan Medan terkenal gulai kepala ikan kakap.
Jadi kalau di Sekayu/Musi terkenal dengan gulai ikan gabus, ya,, memang sumatera terkenal dengan gulai.Begitu kira-kira.

Anonymous said...

anonymous (werdhoq):
Kalau saya, lebih senang lagi kalau ada restaurant tradisional di Sekayu itu yang menyajikan MENU: sop kepala udang dan pindang kepala udang.
Nah,, itu rasenye baru 'NYAMAN' hehe,,!!
Disantapnye panas-panas, owala,,, mengkadek,,,!!!????

Anonymous said...

anonymous (anak musi) :
Iyo,, ada lagi yang namanya
'p e p e s', begitu kalau di pulau jawa, dia punya nama.
Pepes itu,,nama lain, di daerah musi disebut 'p a i s' di Palembang disebut 'b r e n g k e s'
Yang dipepes itu bisa dari bahan ikan, bisa tahu, bisa ayam.
Ada lagi pepes tradisional palembang karena punya campuran bumbu 'asam duren' alis 'tempoyak'.
Nah,, inilah yang disebut pepes tradisional, tau,,,!!!
hehehe,,

Anonymous said...

anonymous :
ade lagi tulisanku kalu mau bayar.

Anonymous said...

anonymous (limox):
Iyo nian,, aku pernah dengar lamo tuh, kalu pinang muda bisa untuk obat(kuat/superman, hehe,,,!!).
Nah,, kalu di Sekayu sudah ada restaurant yang menyajikan, wah,,! bukan main !!!

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: