BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, July 18, 2007

Sosis Ikan Patin Siap Dipasarkan

Pemkab Muba melalui Disperindag dan Dinas Perikanan yang memberdayakan para petambak ikan di kawasan Desa Petaling Kecamatan Lais, mulai memproduksi secara bisnis sosis baso dan nugget yang terbuat dari ikan patin.Produksi awal tiga produk lokalini sudah mulai dilakukan 2006 lalu melalui kerjasama pengawasan dengan institut Pertanian Bogor (ITB).

Kepala Disperindag Kabupaten Muba Ir HM Umar Nawawi, MM yang dihubungi, Selasa (17/7) mengatakan, program awal dinas yang dipimpinnya ini antara lain meningkatkan nilai tambah dari satu produk lokal seperti ikan, beras dan garam sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat.

Umar menunjukkan tiga produk ikan patin yang telah mempunyai nilai tambah untuk segera dipasarkan. Produk yang dikemas dalam plastik ukuran 25 x 25 cm ini tanpa menggunakan bahan pengawet, antara lain Nugget (daging ikan diawetkan) mengandung komposisi daging ikan patin, garam, tapioka dan rempah-rempah.

Pabrik pengolahan ikan di Desa Sukarame Kecamatan Sekayu ini mampu menyerap sekitar 17 tenaga kerja local dibawah pengawasan IPB.

Sumber: Sripo

1 comment:

Anonymous said...

Hmm, ini baru terobosan.
Saya teringat cerita menarik sewaktu jalan-jalan bersama keluarga ke Semarang beberapa minggu yang lalu.

Lumpia semarang yang dulunya dijajakan di kios-kios pinggir jalan kini telah mulai dijajakan di kios khusus serupa kios-kios Dunkin Donut atau KFC. Dengan nuansa yang modern dan kemasan yang modern pula dan cocok untuk oleh-oleh bagi siapa saja yang berkunjung.

Mengapa tidak kita mulai dari produk-produk yang resource-nya memang sudah merakyat ?

Jangan seperti "roti", kita doyan makan roti tapi tidak pernah tanam Gandum untuk terigu...

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: