BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, July 18, 2007

Sumsel 1, PDIP Usung Syahrial - Alex Ucapkan Selamat


Ir Syahrial Oesman MM dicalonkan kembali menjadi Gubernur Sumsel periode 2008-2013 oleh PDI Perjuangan Sumsel. Pencalonan yang didukung oleh seluruh DPC PDI Perjuangan seSumsel serta DPD PDI Perjuangan Sumsel, yang telah dideklarasikan,Selasa (17/7), masih secara de facto (fakta). Secara de jure (hukum) meski telah dideklarasikan secara resmi, namun dukungan tersebut masih akan dimantapkan dalam rakerdasus DPD PDI Perjuangan sebagai mekanisme penetapan calon oleh partai. Dengan demikian dukungan tersebut belum diresmikan secara hukum oleh partai.

“Deklarasi boleh-boleh saja dan sah. Tetapi surat keputusan yang dibuat bukan surat keputusan penetapan calon kepala daerah, tetapi pengesahan aspirasi dari bawah, PAC dan DPC,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel Eddy Santana Putra.

DPD PDI Perjuangan Sumsel secara resmi menyatakan bahwa Syahrial merupakan satu-satunya calon Gubernur Sumsel dalam Pilkada 2008 untuk memilih Gubernur Sumsel 2008- 2013, dari PDI Perjuangan Sumsel. Sebagai konsekuensi atas dukungan pencalonan, Syahrial yang juga hadir dalam deklarasi itu disodori komitmen/kontrak politik serta komitmen kepada perjuangan PDI Perjuangan.

Komitmen/kontrak politik tersebut terdiri dari lima poin yang dibacakan oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Erwin Moeslimin Singajuru dan tidak dilakukan penandatangan sebagai tanda persetujuan terhadap komitmen/kontrak politik. Deklarasi dukungan DPC dan DPD PDI Perjuangan Sumsel untuk Syahrial, ditandai dengan pemasangan jas partai berwarna merah lengkap berlogo banteng. Diserahkan pula kartu tanda anggota DPD PDI Perjuangan oleh Eddy yang disaksikan Wakil Ketua DPP PDI Perjuangan Dhudie Makmun Murod serta seluruh jajaran partai di Sumsel.

Tetap Terbuka
Menyinggung calon Wakil Gubernur Sumsel yang akan mendampingi Syahrial, DPD PDI Perjuangan menyatakan menyerahkan kepada calon gubernur. Namun calon wakil gubernur tetap dikonsultasikan kepada DPP PDI Perjuangan.

Syahrial sendiri belum mau berkomentar soal cawagub pendamping dirinya. Hal itu masih perlu analisa. Namun dikatakan meski dirinya dicalonkan oleh PDI Perjuangan tetap tidak menutup kemungkinan dicalonkan dari partai lain. Hal senada juga dikatakan Eddy, bahwa PDI Perjuangan siap bekerja sama dengan parpol lain untuk pencalonan. “Secara pribadi saya melihat kepentingan dari demokrasi,” komentar Syahrial.

Menyinggung masalah Silaturahmi Nasionalis Kebangsaan di Palembang tanggal 24 Juli 2007, dikatakan hal itu tidak akan mempengaruhi deklarasi calon gubernur Sumsel. Pasalnya silaturahmi antara PDI Perjuangan dengan Partai Golkar untuk komunikasi politik. “Tetapi jika sesuatu yang berkembang, apapun itu, merupakan kewenangan dari DPP PDI Perjuangan dan Partai Golkar. Tetapi yang jelas silahturahmi itu untuk Pancasila, UUD 1945 dan juga NKRI,” jelas Eddy.


Komitmen/Kontrak Politik untuk Syahrial
- Bersedia menjadi kader PDI Perjuangan
- Sanggup memberdayakan potensi PDI Perjuangan Sumsel untuk memperjuangan cita- cita
partai
- Melakukan pendekatan intensif keseluruhan jajaran partai untuk memenangkan Pilkada
Sumsel 2008
- Melanjutkan pembangunan Sumsel yang berkerakyatan, adil dan merata tanpa membeda-
bedakan
- Memberantas KKN secara bersungguh-sungguh

Alex Ucapkan Selamat

KETUA DPD Partai Golkar Sumsel Ir H Alex Noerdin SH mengucapkan selamat atas deklarasi dukungan DPD PDI Perjuangan Sumsel untuk Ir Syahrial Oesman MM sebagai calon gubernur dalam Pilkada Gubernur Sumsel 2008 mendatang.

Berikut pernyataan Alex Noerdin yang juga Bupati Muba, tentang deklarasi dukungan PDIP untuk Gubernur Sumsel Syahrial Oesman. Seperti diketahui Alex Noerdin beberapa waktu lalu sudah menyatakan akan maju dalam pilkada untuk memilih Gubernur Sumsel periode 2008-2013, melalui Partai Golkar.

SAYA mengucapkan selamat kepada Pak Syahrial karena sudah dapat ‘kendaraan’ untuk pilkada mendatang. Menurut saya beliau pantas. Hal ini membuat seru meskipun silaturahmi saya dengan beliau baikbaik saja. Namun pertarungan (pilkada) jadi seru karena ada lawan seimbang.

Sah-sah juga bagi PDI Perjuangan untuk membuat deklarasi macam itu. Kalau ditanya apakah saya khawatir, saya bilang tidak. Lagi pula kan pilkada masih setahun ke depan. Semua perkiraan masih bisa berubah. Saat ini rakyat sudah pintar. Apalagi pemilihan nanti langsung, umum, bebas, dan rahasia. Terserah rakyat mau memilih siapa sesuai hati nurani mereka.

Kenapa saya mau mencalonkan diri ke kursi gubernur saya kira jawabnya belum bias diungkap. Yang penting, saya maju karena bisa mengukur diri. Saya belum bisa jawab tentang calon pendamping saya. Masih lama itu. Yang pasti tujuan saya mulia.

Sumber: Sripo

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: