BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Monday, April 20, 2009

Kasek dan Guru Bisa Dipecat Membocorkan Soal UN

Sekayu - KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Muba H Asnawi CK melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah Yohanes Yubhar meng-ungkapkan, guru dan kepala sekolah (kasek) yang membantu menyelesaikan soal siswa atau membocorkan soal-soal UN akan dipecat.

Dia menjelaskan, pihaknya telah memperingati dan memberikan arahan kepada semua kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan pengawasan kepada siswa, bukan sebaliknya malah membantu menyelesaikan soalsoal tersebut. “Jika memang terbukti membantu siswa dalam mengerjakan soal UN.

Maka akan kita tindak secara hukum,”katanya kemarin. Yohanes menyebutkan, di Muba terdapat 40 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bakal mengikuti ujian nasional ditambah 14 Madrasah Aliyah (MA), dengan peserta ujian sebanyak 3.628 siswa. Semuanya telah terdaftar sebagai peserta UN dan siap mengikuti ujian hari ini.

Ketua DPRD Muba H Sulgani Pakuali mengatakan, semua pihak khususnya Dinas Pendidikan Nasional harus melakukan monitoring dan pengawasan yang ketat terhadap jalannya UN tersebut. Jangan sampai para guru atau kepala sekolah berbuat curang dengan membantu para siswa mengerjakan soal-soal UN.

Tindakan tersebut jelas melanggar hukum. Selain terancam dipecat, mereka bisa dipenjara jika terbukti bersalah. Para guru dan kepala sekolah, kata dia, harus selalu mengingatkan siswa peserta UN untuk telah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Selain itu, telah mendapat instruksi dari guru dan kepala sekolah masing-masing untuk mengikuti mata pelajaran (mapel) tambahan yang dapat membantu saat menghadapi UN. “Kita yakin semua siswa dan guru-guru telah memberikan pengarahan kepada siswa untuk giat belajat dalam menghadapi UN,”terangnya.

Sumber: Sindo 20/04/09

2 comments:

Anonymous said...

mak mano pak diknas pendidikan kepala sekolah membocorkan Soal UN Terangan2 pecat bae atau memang la kong kalikong dengan wong diknas cenian kepsek2 tu la berani galo pecat bae

Anonymous said...

Anonymous(Jakarta):
Apo,,? Kalu nian ado kebocoran, tentu tau.Sebab ujian itu tidaklah hanya berdua atau bertiga, tapi serentak.
Yang mau saya tanyakan,,, sekolah itu untuk mencerdaskan anak didik, bukan sebaliknya.
Sekarang ambil contoh yang mudah2 atau simpel2 saja,,, apakah anak didik seluruh Indonesia ini tau atau tidak, kalau dibawah laut itu ada juga sungai???

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: