BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Friday, April 24, 2009

Bali Contoh Sistem Kesehatan Muba

SEKAYU – Pemerintah Provinsi Bali tertarik mengadopsi sistem pelayanan kesehatan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang dinilai telah berhasil selama lima tahun terakhir.

Staf Ahli Gubernur Bali dr Dewa Ketut Oka mengatakan, sistem pelayanan kesehatan dan program kesehatan gratis di Muba telah banyak dicontoh oleh berbagai daerah.Selain itu,program kesehatan di Muba telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat di seluruh pelosok daerah. Dia menjelaskan, adanya program kesehatan gratis di Muba membuat masyarakat tidak memiliki alasan tidak berobat dan tidak bisa menyalahkan pemerintah.

Cukup dengan kartu identitas diri dapat masuk rumah sakit di manapun. “Kami akui pembangunan di bidang kesehatan yang ada di Muba memang jauh berkembang beberapa tahun ini,dan gaungnya pun sudah sampai hingga Provinsi Bali,” jelasnya saat melakukan studi banding di Kabupaten Muba kemarin. Orientasi kesehatan di Muba memang lebih melihat dengan perkembangan dunia sekarang dan berusaha untuk tampil sebagai contoh bagi daerah lain.

Kesehatan gratis yang berbasis pelayanan prima memang membutuhkan sistem kesehatan yang mampu bersaing dan dimengerti semua unsur pemerintahan. Pemerintah Provinsi Bali memang belum sempat terpikir untuk sistim kesehatan gratis yang berorientasi pelayanan prima. Namun dengan adanya daerah seperti Muba maka sudah sewajarnya sistem yang ada sekarang diubah. Karena program unggulan di Muba telah diadopsi pemerintah pusat.

“Kesehatan memang harus seiring dengan tuntutan zaman, baik dari teknologi,SDM,dan sistem pelayanan serta pengelolaan yang baik juga,”jelasnya. Dia mengatakan, sistem kesehatan di Kabupaten Muba memang harus dicontoh daerah lain. Karena orientasi mereka adalah pelayanan kesehatan berskala internasional.

Sehingga hal tersebut harus dipelajari dengan baik supaya memperoleh hasil yang maksimal dan dapat diterapkan di Bali nantinya. Bukan itu saja,kesehatan gratis dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setiap tahunnya dengan pengelolaan yang baik dan mengadopsi dari pelayanan asuransi kesehatan.

Maka dengan sendirinya akan memberikan rasa aman bagi masyarakat. “Kami yakin Muba memang telah memiliki SDM dan sistem penge-lolaan yang baik dan dapat dicontoh,”tukasnya. Sementara itu,Wakil Bupati Muba Islan Hanura mengatakan sistem kesehatan di Muba masih terus dilakukan perbaikan. “Kami yakin program Muba memang bertujuan menyejahterakan masyarakat,” tukasnya.

Sumber: Sindo 21/04/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: