BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, May 27, 2009

Lomba Mendongeng dan Membaca Meriah

SEKAYU - Banyak cara dilakukan untuk mengembangkan minat dan kegemaran membaca sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap budaya bangsa. Seperti lomba mendongeng dan baca puisi yang diselenggarakan kantor Perpustakaan dan arsip daerah Kabupaten Muba di wisma atlet Sekayu, Selasa (26/5).

Lomba ini diikuti utusan 11 kecamatan dalam kabupaten Muba yang berjumlah 55 orang dan 11 pendamping terdiri dari lomba mendongeng putra dan putri 22 orang, lomba baca puisi putra dan putri 22 orang serta lomba story telling 11 orang.

Ketua Panitia yang juga kepala perpustakaan dan arsip daerah Muba Hj Nurul Hidayati menjelaskan tujuan lomba untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta perpustakaan, menarik minat baca anak tentang buku-buku dan cerita budaya daerah. Juga menumbuhkan kecintaan akan budaya bangsa dan budaya nasional serta menumbuhkembangkan generasi muda yang gemar membaca, cerdas, kreatif dan inovatif.

Sumber: Sripo 26/05/09

2 comments:

Anonymous said...

anonymous (mangmo):
Bagus juga anak usia sekolah ini diajarkan dan berkompetisi bertutur, bercerita.Moga2 kalau sudah dewasa nanti ada diantara mereka yang menjadi wartawan, penyiar, penulis, humas/public ralation,dsb.
Kemudian,, tentang cerita daerah, lokal, masing2 kabupaten, ambil contoh seperti ini :
Untuk (kota) Sekayu disana Jl.Merdeka Lk.VI ada yang namanya Campang Pangeran.
Nah,,, coba cari tau siapa itu beliau ?
Sebab pangeran yang dulu tinggal disana benar2 ada.
Dengan begitu,, berarti bertutur dan sekali gus mengungkap cerita atau kisah yang terpendam, yang nyaris dilupakan dan hilang.

Mitu bae dulu,
dai mangmo

Anonymous said...

anonymous (tubuk):
Filosophy Pendidikan atau apa begitu,,? Sebagai muslim ada satu pesan dari hadits yang perlu dihayati, yaitu APABILA SUATU UMMAT(bangsa?),TUHAN HINAKAN MAKA TUHAN CABUT ILMU DARI DARI MEREKA.
Jadi,,menuntut ilmu tidak boleh dihalangi dan juga sebaliknya menuntut ilmu itu tidak boleh juga dijadikan ajang berhura-hura apalagi dijadikan ajang tawuran seperti sering terdengar terjadi diberbagai tempat di negeri ini.
OK? bay bay,,, !!!

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: