BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Saturday, July 11, 2009

PAD Musi Banyuasin Over Target

SEKAYU – Pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba over target. Bupati Muba H Pahri Azhari dalam penyampaian rancangan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) dan laporan keuangan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2008 mengatakan, PAD 2008 over target 125% atau sebesar Rp31 miliar, dari target yang dipatok Rp24,9 miliar.

Dia menjelaskan,realisasi PAD tersebut terdiri atas pajak daerah sebesar Rp3,7 miliar, sedangkan target Rp3,57 miliar atau naik sekitar 103%.Retribusi daerah sebesar Rp3,787 miliar, sedangkan target Rp3,527 miliar. Dari beberapa indikator tersebut, PAD Kabupaten Muba 2008 meningkat cukup signifikan.

“Perolehan PAD yang over targetpada tahun lalu merupakan hasil kerja sama yang baik semua SKPD di Pemkab Muba,”kata Bupati kemarin. Menurut Bupati, pendapatan yang diperoleh itu digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan dari tingkat dasar hingga tingkat atas pada 2008.

PAD yang diperoleh selama ini juga digunakan untuk kegiatan peningkatan mutu siswa dan guru serta kurikulum pendidikan melalui program beasiswa serta program pendidikan lainnya. Selain itu,PAD digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Muba dengan pelayanan kesehatan secara gratis,peningkatan tenaga medis, dan pelayanan asuransi kesehatan bagi keluarga miskin.

“Kami akui bahwa PAD Muba belum mampu memberikan kontribusi yang terlalu besar terhadap pembangunan daerah. Namun kakim berupaya maksimal supaya tidak terlalu tergantung pada dana bagi hasil minyak dan gas setiap tahunnya,” terangnya. Pahri berharap PAD dapat bertambah setiap tahunnya.

Untuk itu, dia mengingatkan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan unit pelaksana teknis dinas (UPTD) selalu berupaya meningkatkan PAD. Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) H Hasuar Bidui mengatakan,PAD merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan pembangunan daerah.

Sumber: Sindo 11/07/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: