BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Saturday, August 22, 2009

PBB Muba Over Target

SEKAYU - Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sektor pedesaan dan perkotaan di Kabupaten Muba selama tahun 2008 mencapai Rp3,9 miliar,atau 202% dari target Rp1,9 miliar.

Atas prestasi tersebut, Bupati Muba H Pahri Azhari menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Departemen Keuangan RI . Penghargaan tersebut diserahkan Kakanwil DJP Sumsel dan Kepulauan Bangka Belitung Estu Budiarto di auditorium Pemkab Muba,kemarin.Dalam kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada camat dan kades yang penerimaan pajaknya terbesar dan over target. Kakanwil DJP Sumsel dan Kepulauan Bangka Belitung Estu Budiarto mengaku bangga atas prestasi yang dicapai Bupati Muba.

PBB, katanya, merupakan pajak yang penuh spesifikasi karena pengelolaannya melibatkan banyak pihak juga komponen masyarakat. “Saya mengucapkan selamat atas keberhasilan yang dicapai Bupati Muba yang mampu menggerakkan masyarakat wajib pajak serta komponen pengelolaan PBB. Sehingga tahun 2008 bisa over target,”ujarnya. Dengan keberhasilan ini diharapkan kerja sama dapat lebih ditingkatkan, serta lebih profesional untuk masa-masa yang akan datang.

Berdasarkan peraturan, pihaknya juga akan memberikan insentif dan sejenisnya bagi daerah/kabupaten yang berhasil mencapai target pajak yang ditetapkan.Tak hanya PBB,pajak yang lain seperti pajak penghasilan pertambahan nilai, termasuk pajak bea materi diharapkan tahun 2009 hasilnya juga menggembirakan. Sementara itu,Bupati Muba H Pahri Azhari mengapresiasi penghargaan yang telah diberikan tersebut.

Penghargaan tersebut berkas kerja keras seluruh petugas pemungut PBB di wilayah kerja masing-masing,para camat, lurah hingga kades yang telah ikut mengerahkan serta mengawasi jalannya pelaksanaan pemungutan pajak. “Ini merupakan pemicu bagi kita semua untuk terus bekerja maksimal,“ ujarnya.Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Muba H Hazuar Bidui AZ mengatakan, selama tiga tahun terakhir, penerimaan PBB di Kabupaten Muba selalu over target.

Tahun 2006 lalu dari target Rp1.3 miliar terealisasi Rp1,5 miliar, tahun 2007 dari Rp1,8 miliar terealisasi Rp2,7 miliar. Dia akan mengupayakan penghargaan berupa umroh terhadap para kades lurah dengan PBB tertinggi.

Sumber: Sindo 21/08/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: