BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, August 5, 2009

Raja Ampat Pelajari PLTG Muba

SEKAYU – Setelah Bali,kemarin giliran aparatur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat berkunjung ke Kabupaten Muba.

Kedatangan mereka untuk mempelajari pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) yang berlangsung sukses di Muba. Bupati Raja Ampat Marcus Manwan mengatakan, program PLTG di Muba telah berhasil.Keberhasilan itu akan ditiru di daerahnya. Sebab, Pemkab Raja Ampat juga akan membangun PLTG untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerahnya.

Menurutnya, sumber daya alam (SDA) di Muba mirip dengan daerah Raja Ampat sehingga memenuhi kriteria un-tuk membangun PLTG. Hasil studi banding di Muba mengenai PLTG tersebut akan diterapkan di Kabupaten Raja Ampat. “Pengetahuan yang diperoleh ini akan menjadi bekal dalam pembangunan daerah,”tukasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Muba Robert Heri mengatakan,listrik memang menjadi kebutuhan vital bagi seluruh masyarakat di setiap daerah.

Selama ini, kata dia, pihak Pemkab Muba melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang membawahi masalah kelistrikan telah berupaya optimal membangun jaringan listrik hingga pelosok daerah.Namun,kendalanya pasokan aliran listrik yang menjadi kewenangan pihak PLN.

Dia menambahkan, di sejumlah kecamatan di Kabupaten Muba telah menggunakan sistem listrik pembangkit tenaga diesel. Selain itu,Muba juga telah memiliki PLTG Muba di Kecamatan Lais.

Sumber: Sindo 04/08/09

3 comments:

Anonymous said...

mfr, 081382846980

Ingat nama Raja Ampat, itu nama daerah di propinsi Irian Jaya Barat, kawasan daerah yang disebut juga daerah kepala burung, karena kart atau peta daerah itu menyerupai kepala burung.
Tapi raja ampat merupakan kepulauan sekitar kota Sorong.

Saya masih kecil usia SMP dan SD pernah ikut paman di Jayapura, tahun2 pepera/plebisit.

Memang papua kaya dengan hasil minyak, seperti baru2 ini di survey dari pihak inggris di teluk yondama.

Suatu hal sangat bagus kalau MUBA memberikan pengalaman PLTG untuk raja ampat.
Itulah yang dinamakan ilmu yang bermanfaat.

OK,, sekedar komentar.

Anonymous said...

raja ampat.. itu kepulauan bukan tanah besar. jadi kalau mau bangun daerah itu, transportasi laut yang utama, biar andalan to,,

wes aku pamit..
GBU..

Anonymous said...

[PLTG]
raja ampat punya sda yg banyak kenapa harus pakai gas sedangkan air terjun, angin, ombak, itu masih ada..
aku salut pemerintah raja ampat akan pembangunan mu yang mulia..

tuhan yesus berkati pembangunan ini kedepan biar lancar dan masyarakat bisa menikmati AMIN..

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: