BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Friday, August 28, 2009

RPH tak Berfungsi, Masyarakat Muba Khawatir

SEKAYU – Tak berfungsinya rumah potong hewan (RPH) milik Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Muba membuat masyarakat mengkhawatirkan daging yang bakal dibeli di pasaran daging gelonggongan.

‘’Memang RPH kurang berfungsi, karena tak mampu lagi menampung hewan yang akan disembelih, karena itu kita alihkan penyembelihan ke rumah penduduk,’’ ujar Kadis Pertanian dan Peternakan Muba melalui Kabid Keswan dan Kesmavet drh Bambang Haryanto, kemarin.

Meski di rumah penduduk, lanjutnya, pihaknya tetap melakukan pengawasan ketat baik sapi lokal maupun sapi luar yang akan disembelih. ‘’Untuk tingkat konsumsi daging sapi, Muba memang masih sangat rendah hanya berkisar 13 ekor sapi yang dipotong per minggunya. ‘’Rinciannya 3 ekor dari lokal, dan selebihnya didatangkan dari luar seperti Gandus, Palembang,’’ ujarnya.

Meski sedikit bukan berarti populasi sapi di Muba kecil. ‘’Populasi hewan sapi di Muba cukup tinggi saat ini tercatat ada 27 ribu hewan sapi yang tersebar di 11 kecamatan,’’ lanjutnya.

Sumber: Sumeks 28/08/09

1 comment:

Anonymous said...

anonymous (aqunee) :
RPH rumah potong hewan?? iya,, ini hari puasa ke sepuluh.Baru sepertiga perjalanan ramadhan. Masyarakat ummat muslim dalam melaksanakan kewajiban shoum, yang diinginkan adalah bahan pokok tersedia dengan harga yang tidak mencekik.
Itu adalah adalah prediksi yang umum2 saja, yang sebetulnya semua orang tanpa kecuali,,pasti memahaminya.

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: