BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, September 23, 2009

Bupati Muba Open House

SEKAYU – Kemeriahan Hari Raya Idul 1430 Hijriah di Kabupaten Muba berlangsung semarak. Lafaz takbir, tahlil, tahmid, dan tasbih menggema Kabupaten Musi Banyuasin, Sabtu (19/9) malam, menyambut Idul Fitri 1430 H.

Ribuan umat muslim di kota dan desa turun ke jalan melaksanakan takbir keliling mengendarai mobil dan sepeda motor. Konvoi sambil membawa beduk ini memeriahkan malam perpisahan dengan bulan suci Ramadan dan menyambut hari kemenangan yang dinanti-nanti umatIslamdiseluruhpenjurubumi. Selainlafazbasmalah,pelepasan peserta takbir di rumah dinas Bupati Muba diwarnai pemukulan perdana beduk oleh Bupati Muba dan Wakil Bupati Muba Islan Hanura. Takbir keliling banyak digelar, mulai Sekayu sebagai pusat ibu kota Kabupaten Muba hingga pelosok kampung.Ada yang menarik di Kelurahan Balai Agung.

Selain memukul beduk di sepanjang rute, takbir keliling juga dimeriahkan berbagai atribut takbir sehingga penyambutan 1 Syawal makin semarak dengan lampu-lampu yang menerangi jalan. Di bawah naungan langit cerah, pawai takbir untuk menggemakan asma Allah pada malam takbiran akhirnya digelar keliling seputaran kecamatan dalam Kota Sekayu. Warga, terutama remaja masjid, antusias mengikuti takbir keliling yang dimulai sekitar pukul 20.00 WIB,yang dilepas langsung Bupati Muba H Pahri Azhari.

Pawai obor menggemakan takbiran untuk mengagungkan asma Allah ini mengambil rute dari halaman rumah Bupati Muba Griya Seran Sekate, Jalan Raya Kolenel Wahid Udi, Jalan Merdeka.Kemudian, kembali lagi mengambil rute di Jalan Simpang Jembatan Musi hingga berakhir di lokasi start. Takbir keliling tidak hanya diikuti instansi pemerintah, tetapi ratusan kendaraan. Sementara, takbir keliling juga digelar mudamudi di sekitar Kota Sekayu dan beberapa desa di wilayah Kabupaten Muba.

Malam takbiran berlangsung meriah, dengan iring-iringan gema beduk dari drum plastik. Setelah salat,Bupati Muba melakukan open house bersama masyarakat Muba dan tokoh masyarakat serta tokoh agama. Sementara itu, Ketua DPRD MubaUzer Effendi mengatakan, Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang suci dan waktu yang tepat untuk saling memaafkan.Sebab,pada bulan suci ini, pintu taubat masih terbuka dan berharap diri menjadi lebih baik dari hari yang lalu.

Sumber: Sindo 22/09/09

1 comment:

Anonymous said...

mfaruk, jkt :

Allahu akbar wa lillahil hamd.
Selamat hari raya 1 Syawal, maaf lahir bathin.

Iyo,, anngap be ini juga cara open house masyarakat kepada pak bupati melalui internet atau dunia maya.
hehe...

Soalnya,, pertamo ada masyarakat sekayu atau muba yang dak sempat balek.
Trus keduanya, kalu mau kirim sms ucapan selamat hari raya kepada beliau tuh, idak kemungkin, dfak katek nomor toh.

Jadi,, melalui berita muba ini, yo.. syukur2 dibaca, hehe,,
Idak jugo, yo dak apo2 anggap be meramaikan situs blog ini.

Oke, salam :
081382846980.

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: