BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Thursday, September 3, 2009

Jalan Betung–Sekayu Diperbaiki

SEKAYU – Pemerintah Provinsi Sumsel dan Kabupaten Muba akhirnya memperbaiki ruas jalan sepanjang 75 km menuju Jembatan Teluk,Desa Teluk,Kecamatan Lais.

Perbaikan tersebut dilakukan setelah muncul banyak keluhan masyarakat yang terganggu kenyamanan, bahkan terancam keselamatannya, karena jalan yang rusak tersebut. Selain itu, perbaikan jalan diperlukan untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran. Sebab, kondisi jalan yang rusak membuat kemacetan yang akan menghambat lalu lintas menyambut Lebaran. Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Kabupaten Muba H Suhaimi mengatakan, proyek perbaikan jalan Betung–Sekayu telah dimulai sejak dua pekan terakhir.

Untuk memperbaiki jalan,pihaknya bekerja sama dengan Pemprov Sumsel.“Perbaikan jalan ini merupakan komitmen bersama antara Pemprov Sumsel dan Pemkab Muba.Dengan begitu, pengerjaannya bisa dilaksanakan dengan cepat dan berjalan baik,” katanya didampingi Kabag Humas Pemkab Muba Herriyandi Sinulingga kemarin. Dia menerangkan,proyek perbaikan jalan telah melalui proses tender dan sesuai prosedur. Selain itu, perbaikan jalan merupakan realisasi janji Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang juga mantan Bupati Muba untuk memperbaiki jalan lintas yang menghubungkan Kabupaten Muba dengan Kabupaten Banyuasin.

Dia meminta masyarakat bersabar menunggu penyelesaian perbaikan jalan tersebut.“Jalan tersebut diperbaiki karena memang sudah masuk dalam prioritas program pemerintah provinsi. Perbaikan itu memakan anggaran sekitar Rp50 miliar,”tukasnya. Pantauan SI kemarin, sejumlah alat berat sudah standby.Jalan yang sebelumnya kecil dilakukan pelebaran dengan melakukan penggusuran pada bagian kiri-kanan jalan. Jadi, lebar jalan nantinya sekitar 4 meter.

Kerusakan jalan provinsi terparah berada di Desa Teluk sebelum Jembatan Teluk II, selain itu berada di Desa Danau Cala, Desa Bailangu, Desa Lumpatan, dan Kecamatan Sekayu. Di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak lubang dengan kedalaman sekitar 50–70 cm meter dan lebar sekitar 100 cm. Lubang-lubang tersebut sangat membahayakan para pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor.

Warga Desa Teluk I, Jamal, mengatakan, jalan lintas Sekayu– Betung cukup strategis dan menunjang aktivitas perekonomian masyarakat. Karena itu,warga merasa senang pemerintah dapat memperbaiki jalan tersebut.Warga berharap kemacetan yang biasa terjadi sepanjang 5 km dari arah Palembang tidak ada lagi setelah jalan rusak tersebut mulus kembali. Apalagi, ruas jalan itu juga diperlebar. Selama ini,kata dia,kerusakan jalan hanya diperbaiki separuh dan bersifat tambal sulam sehingga tidak bertahan lama.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Muba Ahmadi Dausat mengatakan, jalan tersebut menghubungkan beberapa desa di Muba dengan pusat kota.Bukan itu saja, jalan negara itu juga menghubungkan Muba dengan Provinsi Bengkulu, Kabupaten Empat Lawang,Kota Lubuk Linggau, Kota Pagaralam, dan beberapa daerah lainnya. Menurutnya dia, jalan tersebut merupakan jalur alternatif yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk menuju sejumlah daerah.

Jika harus melewati jalur reguler,memakan waktu lama dan ongkos besar.“ Karena itu, sudah sewajarnya jalan rusak diperbaiki sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang lebih luas lagi,”tegasnya.

Sumber: Sindo 02/09/09

1 comment:

Anonymous said...

Yth. Pemkot Muba & Pemprop Sumsel, sebagai warga muba saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Muba & Sumsel yang telah memperbaiki jalan sekayu-betung semoga tidak hanya jl. tersebut yang diperbaiki akan tetapi semua jl di kab.muba. namun yang diharapkan kami adanya pembangunan di berbagai sektor pembangunan agar bisa lebih maju dari daerah lain, tunjukan bahwa muba bisa dan buktikan bahwa kab.Muba adalah kab Terkaya di indonesia. buat warga Muba Jangan takut kritikk pemKot Muba demi kemajuan kam,pung halaman kita sendiri desak semua anggota caleg/legislatif yang baru saja dilantik mana kontribusinya untuk rakyat Muba !!!!!!

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: