BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Friday, October 16, 2009

Betung–Sekayu Terus Diperbaiki

SEKAYU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) terus memperbaiki jalan lintas Betung–Sekayu yang banyak dikeluhkan masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Kabupaten Muba H Suhaimi mengatakan, pengerjaan perbaikan jalan Betung– Sekayu sudah dimulai akhir Agustus lalu.Pengerjaan sengaja dipercepat dan kini sudah mencapai 10%. “Perbaikan itu merupakan komitmen antara Pemprov Sumsel dan Pemkab Muba, sehingga pengerjaannya bisa dilaksanakan cepat dan berjalan baik,” terang Suhaimi didampingi Kabag Humas Setda Muba Herriyandi Sinulingga kemarin.

Menurut Suhaimi, perbaikan jalan yang tengah dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari keluhan para pengguna jalan. Selain itu, perbaikan ruas jalan lintas Betung–Sekayu juga menjadi prioritas Pemprov Sumsel. Dia menerangkan, penger-jaan jalan lintas Betung–Sekayu sudah melalui proses tender,sehingga wajar pengerjaan dilakukan saat ini. Jika proses tender belum selesai, tidak bisa dilakukan pengerjaan karena bisa menimbulkan permasalahan. Suhaimi menambahkan, perbaikan jalan ini juga sesuai janji Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang sebelumnya menjabat Bupati Muba.

Kala itu, Alex berjanji segera memperbaiki jalan yang menghubungkan Kabupaten Muba dan Banyuasin. Sehubungan dengan itu, dia meminta para pengguna jalan sedikit bersabar karena perbaikan tengah dilakukan. “Jalan lintas segera diperbaiki karena sudah masuk program pemprov. Rencananya, perbaikan menelan anggaran Rp50miliar,”tukasnya. Pantauan di lapangan kemarin, beberapa alat berat sudah mulai bekerja. Jalan yang sebelumnya kecil kini diperlebar dengan menggusur bagian kiri dan kanan jalan, sehingga lebar jalan nantinya mencapai 4 meter. Selain itu, pihak Pemprov Sumsel membangun tembok penahan pada sisi jalan.

Sebelumnya, kondisi jalan terparah berada di Desa Teluk sebelum Jembatan Teluk II, juga Desa Danau Cala, Bailangu, Lumpatan, dan Kecamatan Sekayu. Di sepanjang jalan juga terdapat banyak lubang dengan kedalaman 50–70 cm dan lebar sekitar 100 cm.Jamal,warga Desa Teluk I, mengakui, janji politik mantan Bupati Muba yang kini Gubernur Sumsel untuk memperbaiki jalan lintas Sekayu–Betung ditepati. Jamal berharap, dengan perbaikan yang dilakukan saat ini, dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan daerah.

Sebab, di jalan yang rusak itu sering terjadi kemacetan sepanjang 5 km dan beberapa kecelakaan akibat jalan berlubang. Sementara itu, Ketua DPRD Muba H Uzer Effendi mengatakan, ruas jalan lintas Betung– Sekayu menghubungkan beberapa desa di Muba dengan pusat kota. Selain itu,jalan ini juga alternatif menuju Bengkulu, Empat Lawang, Lubuklinggau, Pagaralam, dan beberapa daerah lainnya. Jika harus melewati jalur sebenarnya, kata Uzer, para pengendara akan memakan waktu lama dan ongkos yang cukup besar.

Ja-di, sudah sewajarnya dan secepatnya ruas jalan tersebut segera diperbaiki Pemprov Sumsel.“Segeralah diperbaiki pihak provinsi,sehingga tidak menimbulkan permasalahan lebih luas lagi,”tukasnya.

Sumber: Sindo 15/10/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: