BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Monday, October 19, 2009

Pengajuan KTP di Muba Meningkat

SEKAYU – Pengajuan penerbitan kartu tanda penduduk (KTP) di Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) meningkat 10% selama satu pekan terakhir.

Diperkirakan peningkatan tersebut karena dimulainya proses pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2009. Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Disdukcapil Muba Ir A Rahman Z didampingiSekretarisDisdukcapilDrs Andi Kusuma MT mengatakan, sepanjang dua pekan ini,terutama pada Oktober,pembuatan KTP terjadi peningkatan sebesar 10%.

“Memang ada peningkatan untuk pembuatan KTP baru,dengan alasan mereka untuk sebagai salah satu syarat mencari pekerjaan,entahituuntukdiwilayah Muba atau kabupaten lainnya,”katanya kemarin. Mengantisipasi peningkatan tersebut, pihaknya telah menambah blangko KTP di setiap kecamatan sesuai surat pengajuan pihak kecamatan.“

Kami bisa menambahkan berkas formulir blangko pembuatan KTP atas dasar surat laporan yang diajukan pihak camat.Dengan mengakumulasikan berapa yang akan ditambahkan, rata-rata pembuatan KTP sebanyak 25 orang dalam sehari,” ucapnya. Menurut dia, memang sudah menjadi kebiasaan, setiap dimulai proses pendaftaran CPNS terjadi pengajuan penertiban kartu kependudukan.

DaridataDisdukcapilhingga Agustus 2009,pembuatan KTP sebanyak 6.463 orang. Namun, selama Oktober, ada peningkatan dengan rata-rata 10–25 orang/hari. “Dampak positif kejadian ini tentu adanya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya KTP. Karena itu, kita tidak menghambat, malah merasa senang karena masyarakat sudah sadar untuk melengkapi identitas diri,” pungkasnya.

Sementara itu,Asisten I Pemkab Muba H Agus Yudiantoro mengatakan, peningkatan pembuatan KTP menjelang penerimaan CPNS 2009 harusdisikapipositif.Selainitu,perlu adanya kesiapan dan sikap profesional aparatur pemerintahan dalam melayani masyarakat. Dia menjelaskan,Pemkab Muba selama ini telah berupaya maksimal memberikan pelayanan optimal.

Sebab, hal tersebut telah menjadi kewajiban aparatur pemerintah.“Kita berharap lonjakan pembuatan KTP ini tidak memberikan pelayanan yang buruk kepada masyarakat, sehingga dibutuhkan kesiapan seluruh pihak dalam mengantisipasi hal tersebut,” tukasnya.

Sumber: Sindo 18/10/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: