BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Tuesday, October 6, 2009

Limbah Diduga Cemari Sawah Warga Mangub Jaya

SEKAYU - Warga Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman, Muba mengeluhkan kondisi persawahan mereka. Pasalnya sawah mereka diduga tercemar limbah dari PT Elnusa. ‘’Kehidupan kami tergantung dari hasil bertani, namun padi yang kami tanam selalu gagal panen,’’ ujar Tarmuji dan Sanah, warga Kelurahan Mangun Jaya.

Dikatakannya, sawah miliknya 1,5 hektare. Sayangnya, air persawahannya selalu tercemar oleh limbah dari Bostes PT Elnusa.

Senada dikatakan Suardi warga sama. ‘’Sudah dua tahun sawah saya gagal panen, dan 2009 ini saya tak lagi menggarap sawah, karena bukan hasil yang didapat tetapi kerugian yang kami peroleh,’’ ujarnya.

Pantauan koran ini kondisi sawah milik warga memang rusak. Diduga airnya tercemar limbah dari perusahaan tersebut. Air persawahan ini seperti mengandung minyak. ‘’Kita sudah melaporkan masalah ini ke ketua RT setempat tapi hingga kini belum ada tindak lanjutnya,’’ katanya.

Kepala lapangan PT Elnusa Wayudin mengaku akan menindaklanjuti keluhan warga dengan melaporkan masalah ini ke atasannya di Ramba Camp. “Sebenarnya untuk limbah kami sudah menyediakan kolam penampung. Tetapi, mungkin saja akibat hujan air limbah terbawa arus hingga masuk ke sawah warga,” katanya.

Sementara itu, Edwin, kabag Humas berserta tim PT Elnusa menambahkan, pihaknya akan segera meng-cross check permasalahan ini. ‘’Kalau memang benar limbah PT Elnusa mencemari sawah warga, perusahaan akan memberikan ganti rugi,” katanya.

Sumber: Sumeks 06/10/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: