BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Monday, October 26, 2009

Pemkab Muba Biayai Penderita Tumor

SEKAYU – Komitmen kesehatan gratis Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) kepada masyarakatnya tak perlu diragukan lagi.Kemarin (25/10),Bupati Muba H Pahri Azhari langsung mengunjungi penderita tumor ganas dan kanker, di Rumah Sakit Dharmais,Jakarta.

Hebatnya lagi, dalam kunjungannya itu, Pahri menegaskan, Pemkab Muba menjamin sepenuhnya biaya pengobatan penderita tumor ganas atas nama Siska Dama Yanti, 13,warga Desa Beruge,Kecamatan Babat Toman, Muba,yang dirawat tersebut. Menurut Pahri,komitmen Pemkab Muba terhadap berobat gratis saat ini terus ditingkatkan, dalam rangka pencapaian kesehatan yang berkualitas.

Selain itu, Pemkab Muba berupaya dengan keras untuk kesembuhan Siska Damayanti. “Saya tetap komitmen dengan program berobat gratis yang telah berjalan selama ini.Selain itu program tersebut akan lebih ditingkatkan dan lebih berkualitas,” terangnya di Jakarta,kemarin. Pahri menjelaskan, seluruh biaya pengobatan yang ditanggung sepenuhnya oleh Pemkab Muba, menggunakan program Asuransi Muba Semesta.

Sehingga, pengobatan dapat dilakukan di beberapa rumah sakit nasional,seperti RSCM dan RS Dharmais Jakarta. Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Taufik Rusydi membenarkan jika penyakit yang diderita oleh Siska merupakan tumor ganas. Penanganan penyakit ini, kata dia, dijamin sepenuhnya dengan program Asuransi Muba Semesta sesuai dengan komitmen Bupati Muba.

“Seluruh biaya pengobatan, dan biaya hidup dari keluarga pasien selama di Jakarta ditanggung sepenuhnya oleh Bupati,” tukasnya. Sementara itu, pantauan SI, tumor ganas yang timbul di wajah sebelah kiri tepatnya di bagian pipi, semakin membesar dan menutup mulut,sehingga membuat Siska Dama Yanti sulit untuk makan. Akibat dari penyakit tersebut, Siska juga tidak bisa bersekolah, ditambah dengan kondisi berat badannya yang terus menurun.

Dokter Spesialis RS Dharmais dr Erida Rosadi mengatakan,berdasarkan hasil diagnosa laboratorium, pasien yang berasal dari Muba hasil mengidap kanker,sehingga perlu adanya penanganan khusus sebelum dilakukan tahap-tahap medis selanjutnya. Dia mengungkapkan, untuk tahap awal dilakukan Chemotherapy untuk memulihkan kondisi tubuh dan mematikan jaringan sel kanker atau tumor pada pasien.

Kemudian, dilanjutkan dengan tindakan berdasarkan diagnosa kerja tim dokter yang bertanggung jawab atas pasien. “Tahap awal kita lakukan pemulihan kondisi tubuh pasien,dengan membuat saluran makanan pada bagian lambung. Setelah kondisi benar-benar fit, maka dilakukan tindakan selanjutnya,” terangnya.

Sementara Direktur RS Dharmais DR dr Sutoto M Kes melalui, Kepala Sub Bagian Pengembangan Usaha Francisca Trianawati mengatakan, pasien rencananya akan ditangani langsung tim kerja yang terdiri dari delapan dokter spesialis, diantaranya spesialis bedah,mata,dan organ dalam.

Sumber: Sindo 26/10/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: