BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Tuesday, November 3, 2009

Kades Harus Tanggap

SEKAYU – Dalam rangka optimalisasi program pembangunan hingga pedesaan, dibutuhkan seorang kades yang tanggap dan mampu memberikan contoh bagi warganya.

Warga juga diminta dapat membantu sekaligus mengawasi program kerja seorang kepala desa (kades). Demikian disampaikan Bupati Muba H Pahri Azhari seusai pelantikan kades dan penutupan Bulan Bakti TNI Menunggal KBKes di Kecamatan Bayung Lencir kemarin. Menurut dia, masyarakat harus melakukan pengawasan ketat terhadap kades-kades di Muba. Khususnya, dalam menjalankan program pembangunan daerah atau program desa, sehingga pelaksanaan pembangunan tepat pada sasaran dan sesuai target.

Sebagai ujung tombak pembangunan daerah, tentunya Kades memiliki visi dan misi yang mampu membawa kesejahteraan masyarakat. Bukan sebaliknya membawa permasalahan dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Karena itu, sangat dibutuhkan pengawasan ketat dari seluruh unsur masyarakat.“Saya minta masyarakat melakukan pengawasan terhadap kadesnya, jika memang tidak benar,laporkan kepada Bupati Muba,” ujarnya kemarin. Dia menjelaskan, pada 2009 Pemkab Muba memiliki banyak program dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, sangat dibutuhkan figur kades yang memiliki pemikiran cerdas dan tanggap terhadap program pembangunan daerah. Sebab,pembangunan sulit dilaksanakan tanpa adanya dukungan masyarakat. Diakui Pahri, masih adanya hambatan dalam proses pembangunan daerah merupakan tantangan bagi pemda, untuk memperbaiki program yang telah dilaksanakan. Karena Pemkab Muba terus melakukan evaluasi, terhadap program yang telah dibuat dan dilaksanakan. “Masih terdapatnya kekurangan, merupakan hal yang biasa, namun tidak menjadi hambatan dan alasan.

Karena Pemkab Muba saat ini terus melakukan evaluasi terhadap proses pembangunan saat ini,”tukasnya. Sementara itu,Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Muba Fahmi Dharmayasa mengatakan, pihaknya saat ini terus melakukan koordinasi dengan kades-kades di Muba, khususnya dalam rangka optimalisasi program pemerintah. Dia menambahkan, kadeskades di Muba selama ini telah berupaya optimal dalam menjalankan program,dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hanya, masih diperlukan evaluasi dalam rangka percepatan pembangunan. “Pengawasan dan evaluasi harus dijalankan dengan baik,dalam rangka optimalisasi program demi kesejahteraan masyarakat,”tukasnya.

Sumber: Sindo 03/11/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: