BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, January 31, 2007

Rumah Retak Warga Demo

Puluhan warga Desa Teluk Kijing III Kecamatan Lais Muba menggelar aksi demo di depan gedung DPRD Muba.

Puluhan warga Desa Teluk Kijing III Kecamatan Lais Muba menggelar aksi demo di depan gedung DPRD Muba. Mereka memprotes aktivitas penambangan yang diduga merusak konstruksi bangunan rumah dan pencemaran lingkungan.
Menggunakan satu unit truk, warga sempat melakukan orasi sebelum perwakilannya diterima Komisi A. Puluhan warga Desa Teluk Kijing III ini mulai menggelar aksinya, Selasa (30/pukul 09.30 dan mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan yang langsung menutup pagar gedung dewan. Sembilan perwakilan warga yang diterima Ketua Komisi A, Anwar Hasan, BA didampingi sekretarisnya Nurhan Putrajaya serta anggotanya. Melalui perwakilannya, C Kawairus didampingi Fahrulrozi, warga melaporkan mengenai aktivitas pertambangan yang dilakukan PT Medco E & P Indonesia di lapangan Kaji Desa Bonot sekitar Desa Teluk Kijing III, mengakibatkan terjadinya pencemaran terhadap sumur, kerusakan lingkungan berupa tanam tumbuh dan kerusakan konstruksi rumah, sehingga warga menuntut ganti rugi.

Warga juga menuntut agar PT Medco dan instansi terkait dapat transparan dalam menyelesaikan tuntutan warga, sehingga dapat dilakukan secara menyeluruh. “Tidak ada kesimpulan aparat terkait yang melakukan investigasi ke lapangan dan tidak adanya transparansi kepada masyarakat justru beberapa warga disodori ganti rugi yang dilakukan diam-diam dan tidak menyeluruh,” kata Kawairus di hadapan dewan. Sejauh ini kata warga, sumur warga yang mengalami pencemaran dua unit, tanam tumbuh milik 8 orang, sejumlah rumah retak.Menanggapi keluhan masyarakat ini, Komisi A berusaha mendatangkan pihak PT Medco namun belum berhasil, sehingga meminta warga menginventarisir kerugiannya, dan akan diadakan pengecekan langsung ke lapangan 6 Februari 2006 antara Komisi A, PT Medco, dinas dan instansi terkait.

Sumber: Sripo

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: