BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Friday, June 8, 2007

Ribuan Ton Benih Disiapkan

Hama Keong Emas Meluas

Pemkab Muba melalui Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) Tahun 2007 telah menyiapkan 621.950 kilogram benih padi untuk kebutuhan lahan seluas 24.878 hektare. Selain itu bantuan benih gratis bagi petani ini disediakan pula untuk tanaman Jagung Hibrida seluas 2961 hektare dengan benih jagung sebanyak 4421 Kg.

“Sedangkan jagung komposit seluas 279 hektare dengan bantuan benih 8384 Kg, dan program pemberian bantuan kedelai seluas 185 hektare dengan benih sebanyak benih 7400 Kg,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Muba, Ir Hj Nelly Rasdiana, MSi, Rabu (6/6).

Informasi yang dihimpun, benih padi lebak umumnya difokuskan untuk petani di Kecamatan Lais, Sekayu, dan Kecamatan Sangadesa. Sedangkan bantuan bibit jagung diprioritaskan dalam kawasan Bayung Lencir, Kecamatan Lalan, dan Sungai Lilin.

Hama Keong Emas
Sementara itu hingga Rabu (6/6), serangan hama keong emas semakin meluas di kawasan Kayuara dan sekitarnya. Ribuan bangkai keong dan telur terhampar di permukaan tanah dan batang padi dan sisa-sisa bongkah kayu. Namun Rabu (6/6), petugas lapangan mencoba mengantisipasi hama keong ini dengan memberikan insektisida namun jumlahnya terbatas, sehingga tidak mampu membasmi secara menyeluruh hama keong yang jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan ribu dan terus berkembang biak.

Sumber: Sripo

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: