BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Tuesday, June 19, 2007

Tak Sesuai Kultur, Pembibitan Sapi Gagal

Menteri Koperasi dan Pembinaan Usaha Kecil Suryadarma Ali mengatakan, dalam memberikan bantuan bibit sapi, selama ini pemerintah tidak memperhatikan kultur dan keinginan warga. Jika kultur warganya tidak biasa beternak sapi maka bantuan yang diberikan tak akan berhasil.Demikian dikatakannya kepada wartawan usai menghadiri istigasah di Ponpes Asshidiqiyah, Minggu (17/6) di Desa Simpang Tungkal, Kecamatan Bayung Lencir, Muba.

Disebutkan, agar sukses beternak sapi harus memenuhi beberapa syarat. Seperti tersedia kandang, pakan, dan kultur masyarakat bersangkutan.

Nah, pengalaman gagal dalam proyek ini, ke depan pihaknya lebih selektif lagi. Daerah yang layak mendapat bantuan hanya dapat 100 ekor per kabupaten/kota setiap tahun.

Dijelaskan, program peternakan sapi dalam negeri akan dilakukan tahun ini juga dengan mengalokasikan anggaran di Depertemen Koperasi. ''Jika tidak bisa dilakukan tahun ini, dilaksanakan 2008," tandasnya.

Menteri menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan daging, Indonesia mengimpor. Jumlahnya mencapai 750 ribu ekor per tahun.Untuk mengatasi ketergantungan kebutuhan sapi impor, sambung Suryadarma, Departemen Koperasi akan menggalakkan peternakan sapi baik yang dilakukan perusahaan maupun pribadi.

Sumber: Sumeks

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: