BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Tuesday, July 10, 2007

10 Persen Gedung SDN Kec. Lais dan Sungai Lilin Rusak

Hasil reses DPRD Muba untuk daerah pemilihan (Dapil) II Kecamatan Lais dan Sungai Lilin, menemukan 10 persen bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di dua kecamatan ini mengalami kerusakan.Namun kerusakan yang terjadi tidak sampai menghambat proses belajar mengajar, walaupun salah satu sekolah siswanya terpaksa pindah untuk melanjutkan sekolah.

Data yang dihimpun, Pemkab Muba Tahun 2007-2008 menganggarkan sector pendidikan sebesar 21,7 persen dari total Rp 1,5 trilyun APBD Kabupaten Muba. Besarnya anggaran ini salah satunya untuk perbaikan dan renovasi gedung sekolah.Hingga akhir 2006 lalu, SDN di Muba terdapat 346 unit dengan kondisi baik 221 lokal, rusak ringan 224 lokal, rusak berat 362 lokal, dari jumlah keseluruhan 807 lokal.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Muba, Drs H Mahmudi Basri, Senin (9/7) menjelaskan, reses dewan untuk Dapil II yaitu Kecamatan Sungai Lilin dan Lais diperoleh hasil adanya bangunan SD yang rusak mencapai sekitar 10 persen dari 40 bangunan yang masih berdiri. Mahmudi mencontohkan, yang rusak terdapat di SDN Village I Desa Gajah Mati Kecamatan Lais, dan SDN 2 Trans D3 Kecamatan Sungai Lilin. Di Desa Gajah Mati salah satu sekolah dasar hanya menyisakan beberapa murid yang masih bertahan karena sebagian besar sudah pindah sekolah.

“Wali murid sekolah tersebut menjamin siwa yang pindah akan kembali lagi bersekolah bila bangunan sekolah selesai diperbaiki,” kata Mahmudi seraya mengharapkan kepada dinas terkait untuk melakukan skala prioritas dalam merenovasi bangunan sekolah yang butuh perhatian cepat. Sedangkan di kawasan Trans D3 Sungai Lilin, salah satu bangunan SD roboh, sehingga warga beramai-ramai membangun kembali sekolah yang rusak itu seadanya.

Selain itu terdapat pula temuan adanya sekolah dasar yang dibangun tahun 1982 namun belum pernah direnovasi, sehingga kondisinya sangat memprihatinkan. “Hasil reses menunjukkan Kecamatan Lais yang terdapat 18 SD ini mulai mengalami kerusakan 4 unit, Kecamatan Sungai Lilin 12 SD mengalami kerusakan 3 unit,” katanya.

Kepala Dinas Diknas Kabupaten Muba, Drs H Ade Karyana, MEd ketika dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan, sebelum 2006 bangunan SD di Muba yang mengalami kerusakan mencapai 40 persen, namun secara bertahap direnovasi, sehingga tinggal menyisakan sekitar 10 persen. “Skala prioritas tatap diutamakan dalam perbaikan gedung SD dan kami bias share untuk memprioritaskan pembangunan pendidikan,” kata Ade seraya berucap, kerusakan sekolah hasil temuan dewan sudah ada yang dianggarkan bahkan sekolahnya sudah ada yang diperbaiki.

Sumber: Sripo

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: