BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Monday, July 9, 2007

Presiden Kunjungi Stan MUBA 10 Menit

Perkenalkan Sosis Patin

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ny Ani dan rombongan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama di Penas XII PNI 7 Juli lalu. Usai membuka acara, SBY mengunjungi beberapa stan. Di antaranya adalah stan Kabupaten Musi Banyuasin. Presiden setidaknya lebih dari 10 menit SBY berbincang dengan Bupati Muba H Alex Noerdin. SBY beserta rombongan meninjau produk-produk unggulan yang ditampilkan di stan tersebut. Di antaranya pundang (ikan kering), ikan asap (salai), dan gambir.

Bupati Muba H Alex Noerdin didampingi Koordinator Stand Pameran Muba HM Umar Nawawi saat itu menjelaskan langsung potensi Muba kepada Presiden. Dijelaskan, selain sumber daya minyak dan gas bumi, Muba memiliki kekayaan yang melimpah di bidang pertanian, perikanan dan perkebunan. Ditambahkan, selain meningkatkan produksinya, beberapa komoditas pertanian diolah menjadi produk makanan sehingga memiliki nilai tambah.

Produsen CPO Terbesar

Untuk sektor pangan, Muba adalah penyumbang jagung terbesar di Sumsel. Muba juga punya potensi sawit dan CPO terbesar di Sumsel, dan perkebunan karet. Potensi lain adalah tanaman gambir, yang menjadi ciri khas Muba. Jenis tanaman yang baru dikembangkan di Muba ini memiliki kualitas terbaik di Indonesia dan telah diekspor ke
luar negeri.

Kekayaan alam Muba berupa rawa-rawa dimanfaatkan dengan mengelola dan mengembangkan ikan patin dan beberapa jenis ikan lainnya. Di hadapan Presiden SBY, Bupati Muba menjelaskan ikan patin saat ini sudah diolah menjadi sosis dan bakso. Demikian juga ikan air rawa lain diolah menjadi ikan kering (pundang) dan ikan asap (salai).

Dari kekayaan hutan, Muba juga telah mematenkan madu asli Muba. Kunjungan SBY ke stan Muba menurut stan coordinator Umar terbilang paling lama dibandingkan dengan kunjungannya ke stan kabupaten/ kota lain. Hal ini karena SBY terlihat puas dengan produk yang dihasilkan Muba.

Kepuasan SBY tampak ketika dirinya mencermati produk ikan olahan. Pada setiap penjelasan Alex, SBY juga tak segan memeriksa dan memegang-megang deretan ikan patin dan baso dan sosis berbahan ikan patin.

Sumber: Sripo

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: