BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Saturday, August 18, 2007

Kondisi Pendidikan Suku Mangsang, Muba.

Puluhan anak Suku Mangsang tetap bersemangat menuntut ilmu meski tak memiliki buku dan tempat yang layak. Mereka merupakan suku terasing di pinggiran sungai Desa Mangsang, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. Para bocah ini bersekolah tergantung pada kehadiran seorang guru.

Pendidikan di Desa Mangsang terselenggara atas inisiatif Jumilah, ketua rukun tetangga setempat. Jumilah membuat sekolah dari uang yang dikumpulkan hasil menangkap ikan di sungai.

Jumilah dan warga sebenarnya tidak tinggal diam melihat kondisi tersebut. Mereka sudah meminta Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin untuk membangun sekolah yang layak. Selain pendidikan, warga suku Mangsang juga meminta bantuan beras miskin dan pengobatan gratis. Namun, permintaan mereka tidak terealisasikan. Ironis, Pemkab sebelumnya mengaku telah memperhatikan pendidiakn dan kesejahteraan hidup suku Mangsang.(RMA/Ajmal Rokian dan Yanuar Ichrom)

Sumber:Liputan6.com

10 comments:

Anonymous said...

Mana,,tadi saya sudah nulis coment tapi tidak dicantumkan?

Anonymous said...

Pendidikan Dan Ilmu yang bermanfa'at :

Makna pendidikan itu kalau direnungkan secara mendalam, membawa manfa'at sampai ke alam akhirat.

Sebagaimana dijelaskan dalam al-hadits bahwa :Apabila mati anak Adam (maksudnya manusia), maka putuslah segala amalnya kecuali tiga hal.salah satunya adalah ilmu,,, yakni ilmu yang bermanfa'at.

Manakala ilmu yang diberikan itu nantinya bermanfa'at untuk menopang kehidupan seseorang dan keluarganya, Masya Allah,,,,

Anonymous said...

Pendidikan di daerah terpencil :

Dibeberapa daerah terpencil dengan penduduk terbelakang di negeri ini,sejak dulu sudah ada.

Selama ini yang sering mencuat diberitakan adalah suku kubu = suku anak dalam di jambi dan perbatasan dengan kab.muba serta suku talang mamak di riau.

Ternyata kini ditemukan lagi daerah dengan penduduk terpencil di desa MANGSANG yaitu suku Mangsang di kabupaten Muba.

Dengan diketahuinya keberadaan mereka itu, tentu semakin menguak
arti kemerdekaan dan pembangunan menuju kesejahteraan.

Anonymous said...

Katonyo MUBA sudah bebas sekolah gratis. Amen cak ini retinyo bupatinyo besak omong bae?? Di MUBA bae dak keroroan apolagi amen bupatinyo jadi gubernur sumsel lebih dak jelas lagi agek.

Program yg dak jelas. DKI Jakarta yg jelas2 provinsi paling kayo bae dak berani nak gratiske warganyo kok.

Anonymous said...

Menyedihkan, kepala pemerintahan yang ndak tanggap. Tak usahlah bikin janji muluk2 buat gratiskan pendidikan di area lebih luas kalau di sebelah rumah sendiri masih susah bersekolah.

Anonymous said...

sebagai generasi muda dari muba, terus terang saya bangga mendengar kabar-kabar tentang muba ketika kawan-kawan dari daerah lain berceloteh tentang muba. tapi jika kondisi aslinya seperti ini apa yang bisa saya banggakan dari pendidikan di muba yang notabene sekolahnya gratis? untuk pak Alex yang terhormat mohon sebelum anda melangkah lebih jauh (menjadi cagub), harap tinjau ulang kondisi pendidikan di beberapa desa yang lain di muba.jangan sampai kabar diatas terulang lagi.

Anonymous said...

Katanya sekolah gratis...sejahtera.. tapi masih ada yg seperti ini. MUBA itu kulitnya saja yg bagus..banyak anak remaja yg tamat SMA pada lari ke BAndung,Jakarta,PAlembang dan kota lainnya untuk mencari pekerjaan...gak usah muluk2 deh... tuh sbentar lagi KPK akan periksa korupsi di MUBA, semoga..amin

Muba Rebelion said...

Alhamdullilah, ternyata masih ada media yang mau memberitakan selain hal-hal yang selalu katanya luar biasa di Muba. Maklum Bupatinya kan Sang "pelopor Segala sesuatu". Tankyu. Saatnya rakyat Muba Sadar bahwa sudah dibodohi 7 Tahun ini. Bersatu dan Lawan. APBD Muba untuk Kesejahteraan Rakyat Muba Bukan untuk membiayai Bupatinya Tebar Pesona....Ayo KPK Kamu Bisa

Paris Van Java said...

pendidikan itu penting
tapi jgn lupa, diiringi pendidikan Agama (Islam) biar tidak timpang sebelah. Pintar2 kok korupsi?

setuju?

= = = = =
anyway, mari bertukar link...

saya sudah pasang TEXT LINK ke sini di 2 tempat, harap di-link back ke dua-duanya =)

1/ lowongankerja87.com >> harap link dgn text "lowongan-kerja-info"

2/ uangpanas.com >> harap dilink dgn text "lowongan-kerja-panas" (link ada di halaman "links")

PS ::

a/ dua2nya punya banner. Kalau mau ngelink pake banner boleh juga =)

b/ YANG MAU DAPAT BACKLINK, silakan datang ke situs saya dan baca penjelasannya =)

Anonymous said...

Buat pemerintah muba seprti yang orang2 model ini tolong di perhatikan dan di perjuangkan biar bagai n\manapun ini masyrakat MUBA. generasi bangsa jua. jangan hanya sekedar melirik di kota sja pembangunan dan pendidikan nya....ini jangan samipai di lewatkan jangan sekedar mau cadi calek aja di kunjungi uda jadi juga harus di perhatiakn dn di kujung lagi ...apa yang kurang di sana mari bangun ....

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: