BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Monday, April 27, 2009

Muba Juara Umum STQ XX SumSel

PALEMBANG – Setelah berlangsung selama lima hari, akhirnya Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XX tingkat Provinsi Sumatera Selatan ditutup Minggu (26/4) malam. Keluar sebagai juara umum adalah kafilah Kabupaten Musi Banyuasin.

Keberhasilan kafilah Kabupaten Muba menempatkan lima perwakilannya di posisi teratas penilaian juri dari 14 kategori yang diperlombakan,menjadikan mereka kokoh merengkuh posisi juara umum STQ XX tingkat Provinsi Sumsel. Sedangkan di posisi kedua ditempati Kabupaten Musi Rawas dengan raihan empat posisi terbaik.

Adapun kategori perlombaan yang berhasil dimenangkan kafilah Kabupaten Muba,yaitu cabang Tilawah Alquran dewasa dengan qori Bangun Sharaya, cabang Hifzhilquran kategori satu juz wanita diraih Siti Mutmainah. Masih di cabang perlombaan yang sama,Al Adila Sarti menjadi yang terbaik di kategori lima juz. Dan di kategori 20 juz, satu lagi perwakilan kafilah Muba yaitu Iqbal menduduki peringkat pertama. Melengkapi prestasi rekan-rekannya, Oim Abdul Rohim menyabet juara pertama Tafsir Alquran golongan bahasa Arab.

Pengumuman tersebut berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim STQ XX tingkat Provinsi Sumsel No: 01/DH/KEP/STQ Provinsi Sumatera Selatan XX/2009 yang dibacakan Ketua Dewan Hakim STQ XX Siharuddin. Masing-masing juara kategori mendapatkan uang pembinaan Rp5 juta untuk juara pertama. Kemudian, juara kedua Rp4 juta, juara ketiga Rp3 juta, dan juara harapan pertama sebesar Rp2 juta. Sebelumnya, Ketua Panitia STQ XX tingkat Provinsi Sumsel H Toni Panggarbesi menyatakan, pelaksanaan STQ kali ini berlangsung sukses.

Meski terdapat kekurangan di sana-sini,secara kualitas output yang dihasilkan lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya.Mengenai kritikan maupun ketidak puasan dari berbagai pihak hal itu merupakan hal yang wajar.Karena dengan begitu panitia pelaksanaan STQ berikutnya telah mengetahui apa yang harus dibenahi agar STQ berikutnya berjalan lebih lancar dan sukses. Setelah pengumuman pemenang disampaikan dewan hakim, maka selanjutnya diteruskan dengan program pemusatan latihan bagi peraih juara satu dan dua di masing-masing kategori.

Pemusatan latihan itu dilakukan 1-30 Mei 2009 di Palembang. “Mereka ini akan disiapkan untuk mengikuti STQ XX tingkat nasional yang akan digelar di Bangka Belitung,”tukasnya. Ditemui seusai penutupan STQ XX tingkat Provinsi Sumsel tadi malam, Sekda Kabupaten Muba Yusnan Effendi yang didampingi Kabag Kesra Setda Kabupaten Muba Arizani menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih kafilah Kabupaten Muba dalam penyelenggaraan STQ XX tingkat Provinsi Sumsel. Dengan meraih juara umum kali ini,berarti tradisi juara STQ bagi Kabupaten Muba tetap dipertahankan.

“Kita samasama tahu mempertahankan itu lebih sulit daripada meraihnya. Maka daripada itu, mewakili Bapak Bupati yang tidak sempat hadir, saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi yang telah diraih ini,”ujar Yusnan bangga. Yusnan mengungkapkan, keberhasilan ini merupakan bagian tidak terlepaskan dari visi Muba Smart 2012. Di mana salah satu aspek pembangunan masyarakat di kabupaten tersebut tetap tidak melupakan sisi religiusnya.

“Kami sangat bangga kepada generasi muda di Muba yang mampu membuktikan kualitasnya tidak kalah dengan teman-temannya di kota besar lainnya. Ini terbukti kafilah Muba mampu menjadi juara umum enam kali berturutturut pada pelaksanaan STQ,” bebernya. Kabag Kesra Setda Kabupaten Muba Arizani menambahkan, sesuai instruksi Bupati H Pahri Azhari,kepada anggota kafilah Kabupaten Muba yang meraih juara akan diberangkatkan umrah tahun depan.

Penghargaan tersebut layak diberikan karena mereka telah mengharumkan nama Kabupaten Muba. Pada penutupan STQ XX tingkat Provinsi Sumsel tadi malam,juga disemarakkan dengan penampilan qori internasional asal Mesir Syekh Anwar Muhammad Anwar Sahad.Lantunan suara merdu ketika membawakan ayat-ayat suci Alquran mampu membius ratusan peserta STQ dan undangan serta masyarakat yang hadir.

Sumber: Sindo 27/04/09

1 comment:

Anonymous said...

Yo syukurlah kalu sudah selesai seleksi STQ untuk SumSelatan.
Syukur jugek kalu kabMuba dapat juara umum.
Sudah selesai yo,, tanggal 26 Aparil 2009.

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: