BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Tuesday, April 28, 2009

Partai Besar Anjlok Di Muba

Target Partai Golkar Muba sebanyak 15 kursi di DPRD Muba, nampaknya tidak bakal terwujud pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 ini. Bila dilihat dari perolehan suara, Golkar masih menduduki peringkat ke-2 setelah PDIP. Partai berlambang pohon beringin itu justru bakal kehilangan empat kursi dari 11 kursi DPRD hasil Pileg 2004 lalu.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Muba Hassan Usman mengatakan, hingga saat ini dipastikan tujuh kursi untuk Partai Golkar. Itu bila dilihat dari perolehan suara yang ada. “Kita pastikan tujuh kursi adalah milik Partai Golkar Muba, karena perolehan suara dari setiap caleg sangat banyak,” kata Hassan Usman kepada koran ini.

Apakah ketujuh kursi itu, didominasi oleh wajah baru atau wajah lama? Hassan mengatakan, hingga kini belum dapat diprediksi. Namun sebagai gambaran, kaderisasi dalam Partai Gokar selalu berjalan dengan baik. Sehingga bisa saja separuhnya wajah lama dan selebihnya wajah baru.

Ditanya tentang ajloknya perolehan kursi Golkar, Hassan belum dapat mengungkapkannya. Namun banyaknya partai dan caleg pada tahun ini menjadi salah satu pemicu turunnya perolehan kursi. Selain itu, banyak kader pendukung dan simpatisan partai yang tidak dapat menggunakan hak pilih karena tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT). “Banyaknya caleg dan masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT, menjadi salah satu penyebab turunnya perolehan kursi,” kilahnya.

Sementara itu, Partai Demokrat hingga kini belum dapat memprediksi perolehan kursi di DPRD Muba. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kabupaten Muba H Yohansyah menegaskan, pihaknya menargetkan ada penambahan jumlah kursi pada Pemilu 2009 di DPRD
Muba.

Menurutnya, masyarakat masih mempercayai Partai Demokrat untuk melanjutkan pemerintahan selama lima tahun ke depan. Masyarakat Muba sudah merasakan manfaat program-program pemerintah di bawah kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), terutama Bantuan Langsung Tunai (BLT), beras untuk keluarga miskin (raskin), dan PNPM Mandiri pedesaan. “Kami tidak memasang target yang muluk-muluk, namun kita yakin jumlah kursi di DPRD Muba akan bertambah,” Ungkap dia.

Meski demikian, Yohansyah mengimbau kader Demokrat yang akan duduk di parlemen untuk tidak merasa tinggi hati karena tanggung jawab menjadi anggota DPRD untuk menyuarakan aspirasi masyarakat sangat besar.

Sumber: Sumek 27/04/09


No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: