BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Saturday, May 9, 2009

15% Masyarakat Muba Tak Punya Jamban

SEKAYU – Pemerintah Kabupaten Muba melalui dinas terkait semakin gencar menyosialisasikan pola hidup sehat, terutama menjaga sanitasi lingkungan dengan menggunakan jamban atau WC pribadi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muba dr Taufik Rusydi MKes mengungkapkan,dari sekitar 500.000 jiwa penduduk Muba,hanya 15% yang tidak punya jamban pribadi. Artinya, mereka masih memakai jamban umum tradisional yang banyak bertebaran di sepanjang pinggiran Sungai Musi. Karena itu,pihaknya berupaya terus mengimbau masyarakat untuk membangun jamban pribadi. Pasalnya, limbah jamban turut mengotori kebersihan Sungai Musi.Alasan penggunaan jamban umum tersebut karena kekurangan dana untuk membangun WC pribadi.

“ Kami targetkan angka yang ada saat ini akan terus menurun. Sebab, disadari, mengubah pola pikir masyarakat yang telah berpuluh tahun menggunakan cara tradisional itu tidak mudah,”katanya. Taufik mengatakan, program pemerintah pada tahun lalu dengan membuat WC umum yang memiliki fasilitas lengkap di beberapa desa merupakan upaya mengubah pola hidup masyarakat. Selain itu, hal itu diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih.

Dia berjanji akan menambah jumlah WC umum yang higienis sehingga dapat menumbuhkan sifat malu jika buang air besar di sungai. Sementara itu, Wakil Bupati Muba Islan Hunura mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya dinas tersebut untuk memberdayakan pola hidup sehat di tengah masyarakat.Masyarakat pun wajib mendukung dengan menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitarnya, termasuk di kawasan pinggiran Sungai Musi.

Sumber: Sindo 08/05/09


No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: