BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Saturday, May 16, 2009

Jalan Lintas Sekayu–Betung Diperbaiki

SEKAYU – Jalan rusak di jalur lintas Sekayu–Betung,terutama di sekitar Jembatan Teluk, Desa Teluk, Kecamatan Lais, kemarin diperbaiki.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Kabupaten Muba H Suhaimi mengatakan, perbaikan yang dilakukan Pemkab Muba dan Pemprov Sumsel merupakan bentuk tanggap darurat atas rusaknya jalan lintas yang menghubungkan Kota Sekayu, Kabupaten Muba, dan Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin.

Dia mengungkapkan, kegiatan perbaikan yang bersifat sementara ini untuk merespons keluhan masyarakat terhadap jalan rusak tersebut.“Perbaikan itu merupakan hasil kesepakatan antara Pemprov Sumsel dan Pemkab Muba. Pemkab Muba menyediakan kendaraan berat dan Pemprov Sumsel menyiapkan material jalan, seperti batu,”katanya kemarin.

Dia menerangkan, jalan lintas tersebut sebenarnya sedang dalam proses tender.Perbaikan menyeluruh akan mulai dikerjakan pada awal Juni.“Rencananya perbaikan memakan anggaran sekitar Rp50 miliar,”tukasnya. Berdasarkan pantauan SI,jalan rusak terparah berada di Desa Teluk sebelum Jembatan Teluk II.

Selain itu,kerusakan jalan terlihat di sekitar jalan Desa Danau Cala, Desa Bailangu, Desa Lumpatan, dan Kecamatan Sekayu. Sepanjang jalan dipenuhi lubang dengan kedalaman sekitar 50–70 cm meter dan lebar sekitar 100 cm. Dia mengatakan, dua hari lalu telah terjadi kecelakaan, mobil truk terperosok ke lubang hingga terbalik.Akibat kejadian tersebut, terjadi kemacetan sekitar 5 km dari arah Palembang.

Belum lagi, beberapa kecelakaan kecil yang disebabkan lubang berukuran kecil.“Jalan itu diperbaiki hanya separuh dan bersifat tambal sulam sehingga tidak bertahan lama,” ungkap dia. Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Muba Ahmadi Dausat mengatakan, jalan rusak tersebut menghubungkan beberapa desa di Muba dengan pusat kota.

Bahkan, jalan itu termasuk strategis karena juga menghubungkan wilayah Kabupaten Muba dengan Provinsi Bengkulu, Kabupaten Empat Lawang, Kota Lubuklinggau, Kota Pagaralam,dan beberapa daerah lainnya.

Menurut dia, perbaikan jalan rusak dapat melancarkan aktivitas perekonomian warga yang tinggal di masing-masing daerah tersebut. Dengan begitu, sudah sewajarnya dan secepatnya jalan rusak tersebut diperbaiki pihak Provinsi Sumsel.

Sumber: Sindo 15/05/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: