BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Friday, May 8, 2009

Muba Daerah Percontohan

SEKAYU – Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Pahri Azhari mengungkapkan, Kabupaten Muba telah layak menjadi daerah percontohan di Indonesia.

Dia beralasan, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, telah ratusan daerah kabupaten/ kota melakukan studi banding ke Muba menggali informasi bagaimana menjalankan pembangunan daerah hingga berkembang pesat dalam waktu singkat.

“Kami selalu membuka diri untuk berbagi informasi tentang pembangunan dan bagaimana cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada sekarang. Jadi,wajar jika Muba menjadi daerah percontohan bagi daerah lain yang ada di Sumsel, juga Indonesia,”katanya kemarin.

Menurut dia, pembangunan Kabupaten Muba dapat berjalan baik berkat dukungan semua pihak. Selama ini hubungan baik antara pihak legislatif dan eksekutif menjadikan Muba lebih baik. Jadi,setiap persoalan dapat diselesaikan dengan baik tanpa menimbulkan permasalahan baru.

“Tanpa adanya keseriusan dan komitmen yang kuat untuk membuat sebuah perubahan, akan sangat sulit melaksanakan percepatan pembangunan,”ucapnya. Lima tahun lalu Kabupaten Muba merupakan daerah tertinggal dan sulit dicari keberadaannya di peta Provinsi Sumsel.

Saat itu pembangunan sangat minim dan belum adanya komitmen bersama untuk membangun daerah menjadi faktor utama. “Kini kita patut berbangga hati,karena telah banyak penghargaan yang diterima dalam bidang pembangunan.Tapi, jangan pula sombong dengan segala hal tersebut karena pembangunan belum selesai,”ungkap Pahri.

Dia mengungkapkan, segala bentuk pembangunan di Muba tidak mengabaikan pembangunan kualitas masyarakat dan generasi penerus bangsa.Pendidikan kesehatan gratis sekarang dapat menjawab semua kebutuhan masyarakat tersebut. Selain itu, program yang telah dibuat telah dilaksanakan dan menghasilkan berbagai sambutan positif semua pihak.

Sebab, orang lain tidak akan mencontoh jika hasilnya buruk. Pahri berjanji akan terus meningkatkan semua sektor pembangunan yang ada sekarang melalui kerja sama dengan pihak luar.Pasalnya, daerah akan lebih maju dengan terus belajar kepada daerah yang lebih dahulu mengalaminya.

Ketua Komisi I DPRD Muba Hassan mengatakan,Muba mengalami kemajuan sangat pesat selama lima tahun terakhir.Banyaknya pembangunan fasilitas umum dan meningkatnya kualitas SDM melalui pendidikan gratis menggambarkan bahwa Muba memang telah cocok menjadi daerah percontohan.

Dia menambahkan, pembangunan tidak mungkin dapat dilaksanakan tanpa adanya dukungan dari semua pihak.Selain itu, meskipun dengan dana yang besar tanpa adanya program yang jelas dan keinginan kuat dari semua lapisan, semuanya tidak akan berjalan baik.

“Kita bukan membanggakan diri, melainkan memang kenyataan, yang telah berjalan di Kabupaten Muba selama lima tahun terakhir semuanya berkat komitmen yang dimiliki semua pihak dan lapisan masyarakat dalam melakukan perubahan,”tandasnya.

Sumber:Sindo 07/05/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: