BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Tuesday, June 9, 2009

Muba Miliki Tiga Titik Api

SEKAYU – Menjelang musim kemarau, bahaya kebakaran mulai mengancam hutan-hutan di Sumsel,termasuk di wilayah Musi Banyuasin (Muba).

Kepala Subbagian Umum dan Perlengkapan Dinas Kehutanan Muba Sumatro kemarin mengatakan,di wilayahnya ditemukan tiga titik api (hotspot).Ketiga titik api itu berada di Kecamatan Batang Hari Leko dan Sekayu. Diduga hotspot berasal dari pembukaan lahan dengan cara dibakar warga. Dia menerangkan, biasanya sumber api bukan berasal dari hutan lindung maupun hutan suaka. Sebab, titik api hasil dari pantauan satelit kemarin telah hilang. Biasanya, titik api alam sulit padam dan terdapat di lahan gambut yang memang sulit untuk dipadamkan.

Dia menerangkan, berdasarkan pengalaman setiap tahun, kebakaran hutan di Muba sangat sedikit. Namun, kebakaran hutan yang disebabkan pembukaan lahan oleh masyarakat sering terjadi setiap tahun.Sebab,banyak lahan warga yang berada di dekat hutan konservasi atau hutan lindung. Kawasan yang memiliki lahan gambut di Kecamatan Bayung Lencir,Kecamatan Lalan,dan Kecamatan Batang Hari Leko cukup rawan terhadap sumber api.

Sedikit saja ada sumber api di kawasan itu, maka sangat sulit untuk dipadamkan. ”Kebakaran bisa meningkat pada Juli dan Agustus dan memuncak pada September,” katanya. Kini ada sekitar 653 relawan yang terlatih untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran hutan.“ Kami memiliki 48 desa siaga kebakaran hutan yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Muba,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Polisi Kehutanan (Polhut) Muba Marjoko mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah dinas dan instansi terkait untuk menghadapi kemungkinan kebakaran hutan dan lahan.

Sumber: Sindo 08/06/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: