BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Monday, June 15, 2009

Siswa MA di Muba Banyak Gagal UN

SEKAYU – Sebanyak 43 siswa di Kabupaten Musi Banyuasin dari total 4.230 peserta ujian nasional (UN) dinyatakan tidak lulus. Terbanyak, yang gagal UN merupakan siswa Madrasah Aliyah (MA) yakni 28 orang dari 481 siswa jurusan IPS yang mengikuti UN atau 6,03. Sedangan jurusan IPA dari 84 siswa lulus semua.

SMA, jurusan IPA yang tidak lulus satu orang atau 0,09 persen
dari 1.108 peserta, IPS tidak lulus 12 orang atau 0,61 persen dari 1.955 peserta. Sekolah kejuruan atau SMK satu orang atau 0,16 persen dari 602 peserta UN. Total keseluruhan sekolah penyelenggara UN di Muba 50 sekolah, yaitu 32 SMA, lima SMK dan 13 MA.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten
Muba Drs Asnawi CK MM, melalui Kabid Pendidikan Menengah Yohanes Yubhar, pada tahun ini angka kelulusan di Muba mengalami peningkatan sekitar satu persen dari 2008 lalu yakni 98,6 persen. “Tahun ini persentase tingkat kelulusan di Muba mencapai 99,8 persen,” katanya kepada koran ini, kemarin.

Yohanes Yubhar melanjutkan khusus siswa IPS yang tidak lulus, jatuh pada bidang studi Bahasa Indonesia dan Ekonomi. Nilai pada mata pelajaran itu, tidak memenuhi target atau tidak sesuai dengan standar. Sehingga siswa yang tidak lulus, memang tidak sesuai dengan standar kelulusan, bukan faktor lain.

Tingkat kelulusan yang tinggi setiap tahunnya selalu dipegang jurusan IPA. Sedangkan IPS yang tidak lulus UN selalu ada. Hingga kini pihaknya belum mengetahui faktor sebenarnya. Padahal pihak
Diknas dan sekoah telah berupaya dengan optimal, untuk memotivasi siswa, dengan berbagai cara.

“Saat ini kita belum melakukan penilaian terhadap tingginya kegagalan di jurusan IPS baik tingkat MA dan SMA. Tetapi, tingginya jumlah murid yang tidak lulus dari IPS pada setiap tahunnya, disebabkan berbagai faktor. Sebab, bukan hanya UN yang menjadi penilaian guru dan Dikpora meluluskan siswa, melainkan ada sejumlah kriteria lain, seperti moral dan kehadiran, juga dipertimbangkan menjadi nilai tambah.

Sumber: Sumeks 15/06/09


No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: