BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Friday, July 24, 2009

Besi Pengaman Jembatan di Muba Banyak Hilang

SEKAYU – Besi-besi pipa pengaman jembatan di wilayah Kabupaten Muba (Muba) banyak yang hilang. Diduga besi tersebut hilang karena dicuri warga.

Pantauan SI, berbagai bekas gergajian pada besi-besi mewarnai hampir seluruh jembatan di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Muba, seperti Kecamatan Keluang, Lalan, Sungai Lilin, Lais, dan Banyung Lencir.Kondisi jembatan tersebut tidak utuh lagi karena pipa pengaman jembatan sudah banyak yang hilang. “Bukan hanya pipa jembatan besi sebagai pengaman yang sering hilang, pipa pertamina yang sudah tidak aktif lagi juga sering menjadi sasaran pencurian,”kata Aslan ,45,warga Desa Pandan Dulang, kemarin.

Selain itu, penyebab lainnya, banyak besi pipa pengaman jembatan yang hilang, seperti kena tabrak oleh kendaraan sehingga rusak, akhirnya warga mengamankan besi tersebut. Warga khawatir jembatan bisa roboh mendadak karena banyak besibesi penyangga yang hilang. Kepala Dinas PU Bina Marga Muba H Suhaimi mengajak setiap kepala desa (kades) turut bertanggung jawab dan mengamankan aset pemerintah tersebut. Apalagi,jembatan merupakan fasilitas publik yang harus dijaga bersama.

Sistem pembangunan jembatan,kata dia,ke depan akan diubah dengan cara cor dengan penyangga beton, sehingga tidak ada lagi besi-besi yang hilang. Anggota DPRD Muba Syairi Remuso meminta,pihak Dinas PU BM memperbaiki jembatan yang rusak dan mengganti besi-besi penyangga jembatan yang hilang.

Selain itu,kerja sama dinas terkait dengan aparatur pemerintahan desa setempat harus ditingkatkan untuk menjaga dan memelihara sarana dan prasarana publik.

Sumber: Sindo 23/07/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: