BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, July 29, 2009

Bulan Ramadan Akan Ada Pemadaman Listrik

SEKAYU - Di bulan Ramadan, kemungkinan pemadaman listrik akan tetap terjadi, bahkan meningkat durasinya. Selain faktor debit air di beberapa pembangkit menurun, tegangan listrik di gardu induk (GI) di Betung juga menyusut karena jarak yang cukup jauh serta penghantar overload. ‘’Khusus di Muba, permasalahannya yakni suplai listrik ke gardu penghubung Sekayu tegangannya menurun 4 KV, ini karena jarak yang jauh,’’ ujar Kepala PLN Ranting Sekayu Cecep Sulaiman, kemarin.

Untuk mengatasinya, lanjutnya, dengan membuat fender atau jaringan baru dari GI Betung ke Sekayu sepanjang 81 km. “Kita sudah mengusulkan ke Pemkab Muba untuk membangun SUTM A3CS 150 mm2 underbuilt antara GI Betung ke Sekayu sepanjang 81 km, agar suplai listrik optimal,’’ ujarnya.

Soal biaya, Cecep mengaku tak tahu pasti, namun diperkirakan Rp8 miliar. ‘’Kalau itu terwujud, selain suplai optimal, penambahan pelanggan juga dapat dilaksanakan,’’ ujarnya yang menambahkan dengan penambahan jaringan maka penyusutan tegangan bisa diminimalisir.

Cecep juga berharap setiap ada kegiatan yang sifatnya besar dapat berkoordinasi dengan PLN, sehingga pihaknya bisa menyiapkan langkah antisipasi. “Kalau ada koordinasi, kita akan siap-siap, artinya bisa memindahkan jadwal pemadaman pada saat acara,’’ bebernya.

Sumber: Sumeks 29/07/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: