BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Saturday, July 18, 2009

Rp60 M untuk Jalan Betung–Sekayu

PALEMBANG – Departemem Pekerjaan Umum (PU) mengucurkan dana sebesar Rp60 miliar kepada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Provinsi Sumsel untuk peningkatan jalan dari Betung, Banyuasin,ke Sekayu,Muba,sejauh 57 km.

Kepala Bidang Bina Teknik Dinas PU BM Yusuf Usman mengatakan, dana dikucurkan untuk mempercepat perbaikan jalan yang rusak parah sepanjang Betung– Sekayu. Bahkan, pekan ini kontraktor sudah bisa melakukan pengerjaan peningkatan jalan Betung– Sekayu yang rusak parah dengan melakukan kontrak kerja sama.

”Proses pengerjaannya tidak bisa satu paket,tapi dua paket.Sebab, satu paket tidak akan habis, karena itu (dana pembangunannya) reguler. Kalau tidak salah, satu paket ada yang Rp28 miliar dan satunya lagi Rp22 miliar,” ungkap Yusuf kepada SI kemarin.

Menurut Yusuf, meskipun dana yang disiapkan Rp60 miliar,bukan berarti cukup untuk meningkatkan akses jalan Betung– Sekayu. Pasalnya, dari penghitungan kasar, jalan Betung– Sekayu belum bisa tuntas hanya dengan dana Rp60 miliar.

”Mungkin Rp60 miliar itu hanya cukup untuk jalan 15 km, sudah termasuk pelebaran hingga 7 meter,”katanya seraya menambahkan,setelah diperbaiki, kondisi jalan Betung– Sekayu nanti akan sama dengan Sekayu–Muara Beliti. Dia menjelaskan, dengan dana yang terbatas, akan diupayakan semaksimal mungkin memprioritaskan perbaikan pada jalan yang rusak parah.

“Namanya saja dana on top,ya seberapa nemunya di pusat.Apalagi, dana itu bukan stimulus.Tapi, tahun depan akan kami sambung lagi peningkatannya,” kata Yusuf. Terpisah, Asisten II Bidang Ekonomi,Keuangan, dan Pembangunan Pemprov Sumsel Eddy Hermanto berjanji,pada 2012,seluruh jalan rusak di Sumsel akan mulus.

Sebagai dana awal, telah dianggarkan dana Rp14 miliar untuk memperbaiki jalan provinsi yang rusak. ”Tentu prioritasnya mendahulukan jalan yang rusak parah agar dapat dilalui kendaraan,” ujar Eddy. Eddy menuturkan, secara umum bakal dianggarkan dana sebesar Rp150 miliar untuk perbaikan jalan secara bertahap di Sumsel.

Saat ini kondisi jalan rusak bervariasi dan mengalami kerusakan sekitar 80%,khususnya pada jalan provinsi. Dia menuturkan, pada 2008, kondisi jalan nasional yang masih baik 825,77 km, sedang 440,24 km, rusak ringan 36,21 km, dan rusak berat 10,34 km. Sementara, jalan provinsi dalam kondisi baik 495,43 km, sedang 608,29 km,rusak ringan 487,56 km, dan rusak berat 157,31 km.

Adapun skala prioritas perbaikan seperti di jalan dari Desa Munggu, Kecamatan Muara Kuang,hingga Desa Betung,Kecamatan Lubuk Keliat, atau Desa Tanjung Bulan. Saat ini kondisi jalan rusak bervariasi dan mengalami kerusakan sekitar 80%,terutama pada jalan provinsi. Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menegaskan, proyek perbaikan jalan Betung– Sekayu merupakan prioritas Pemprov Sumsel.

Pasalnya, akses jalan itu sangat penting karena merupakan jalur utama lintas kabupaten dan kota di Sumsel. ‘’Jalan Sekayu–Betung merupakan jalur utama Palembang– Sekayu– Musi Rawas–Lubuklinggau, sehingga perbaikan harus cepat dilakukan,” katanya. Menurut dia,rencana pelebaran Jalan Betung–Sekayu dari 4,5 meter menjadi 7 meter bukan sesuatu yang mudah.

Apalagi, sebagian jalan tersebut merupakan daerah rawa sehingga membutuhkan dana besar,terutama untuk menimbun. Selain perbaikan jalan di Muba, Alex mengungkapkan, usulan irigasi di Batanghari Leko yang sudah diajukan tiga tahun lalu juga telah disetujui pusat dan tinggal memasuki masa pengerjaan. ‘’Pembangunan irigasi yang menelan dana Rp450 miliar ini nantinya mampu mengairi 1.000 ha sawah,’’ ujarnya.

Sumber: Sindo 18/07/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: