BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Thursday, August 27, 2009

BUMD di Muba Segera Diaudit

SEKAYU – Badan usaha milik daerah (BUMD) di Kabupaten Muba segera diaudit.Pasalnya,sejumlah BUMD dinilai belum dapat memberikan kontribusi untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) Muba.

Audit BUMD tersebut tertuang dalam rancangan peraturan daerah (raperda) yang mengatur BUMD di Kabupaten Muba. Selain audit,pihak Pemkab Muba bekerja sama dengan Tim Universitas Palembang (Unpal) akan mengevaluasi peraturan daerah (perda) untuk merestrukturisasi manajemen BUMD.

“Kita menginginkan kerja sama ini akan melahirkan payung hukum sebagai acuan dasar BUMD ke depan. Sebab, selama ini kontribusi BUMD nol hasilnya,” kata Bupati di sela-sela acara sosialisasi Raperda BUMD di auditorium Pemkab Muba kemarin.

Selain acara sosialisasi, juga dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Pemkab Muba dengan Tim Universitas Palembang (Unpal) yang dilakukan Bupati Muba H Pahri Azhari didampingi Wabub Islan Hanura dengan Rektor Unpal Zulkifli S Mukti.

Setelah jelas payung hukumnya, Bupati berharap BUMD dapat memberikan sumbangsih kinerja dan PAD bagi Muba.Tujuannya semata-mata untuk mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Rencananya audit BUMD akan menimpa PT Petro Muba,PT Muba Link, termasuk PT MEP. Tim audit bekerja secara independen.“

Kita akan bentuk tim untuk mengevaluasi, di mana letak permasalahannya, karena tujuan kita membentuk badan usaha tersebut untuk menambah PAD. Kalau ternyata tidak menambah PAD, untuk apa dipertahankan,” ujar Bupati. Pahri menambahkan,evaluasi tersebut dilakukan untuk mencari letak permasalahan,apakah perda atau dari sisi manajemen. “

Ini yang akan kita evaluasi, termasuk di dalamnya audit terhadap cash flow perusahaan,” ujarnya. Bisa jadi setelah audit dilakukan akan terjadi perombakan manajemen untuk meningkatkan kinerja. Namun, Bupati belum bisa memastikan karena masih menunggu hasil audit dan hasil evaluasi yang dilakukan.

Sementara itu, tim ahli dari Universitas Palembang Dr Ferdinan mengatakan, kajian khusus dibutuhkan untuk membuat perda BUMD yang berdampak positif terhadap pembangunan daerah.

Sumber: Sindo 26/08/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: