BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Monday, August 10, 2009

Kinerja KPU Kabupaten Muba Dikritisi

PALEMBANG - Aliansi Mahasiswa Pemuda untuk Pemilu Bersih, Senin (10/8), berunjukrasa ke KPUProvinsi Sumsel. Mereka menuntut agar KPUSumsel ikut turun tangan mengatasi dugaan caleg DPRDMuba terpilih yang menggunakan ijazah palsu namun diloloskan dalan verifikasi administrasi.

Aksi tersebut dimulai sekitar pukul 09.30 dengan jumlah massa 20-30 orang yang datang dengan menggunakan satu unit bus kota. Kedatangan mereka yang membawa berbagai tulisan bernada mengkritisi kinerja KPUKabupaten Muba, langsung diantisipasi oleh kepolisian yang berjaga-jaga di Kantor KPUProvinsi Sumsel.

"Kami minta KPUProvinsi Sumsel bisa menanggapi dan mengambil alih verifikasi administrasi yang telah dilakukan oleh KPUKabupaten Muba," ujar salah satu koordinator aksi Sobirin. Menurutnya, caleg yang diduga menggunakan ijazah palsu tersebut adalah berinisial N dari Partai Golkar. Oleh karena itu KPUProvinsi Sumsel diminta untuk menyikapi dugaan tersebut.

Aksi tersebut hanya ditemui oleh Kabag Hukum dan Humas KPUProvinsi Sumsel Agus Heri Pramono. Menurutnya, masalah dugaan ijazah palsu menjadi ranah dari KPUKabupaten Muba. "Soal palsu atau tidak ijazah caleg tersebut ditentukan bila sudah ada putusan hukum yang tetap," ujarnya. Ia menyarankan agar dugaan palsu yang disampaikan oleh aliansi mahasiswa pemuda dilaporkan ke kepolisian setempat. Bila memang terbukti maka caleg tersebut dapat dianulir.

"Saat ini verifikasi terhadap syarat administrasi telah selesai. Oleh karena itu saya sarankan agar dugaan itu dilaporkan ke polisi," ujar Agus.

Sumber: Sripo 10/08/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: