BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, November 11, 2009

Bupati Muba Lepas 309 CJH asal Muba

SEKAYU – Keberangkatan 309 calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dilepas langsung Bupati Muba H Pahri Azhari kemarin.Jumlah CJH Muba tahun ini meningkat 30% dari jumlah pada 2008.

Kepala Departemen Agama Muba H Amri Siregar mengungkapkan, pelepasan CJH dari Kabupaten Muba dilaksanakan berdasarkan pemberitahuan Kakanwil Depag Sumsel pada 12 Oktober 2009 tentang jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji embarkasi Palembang dan surat tugas Bupati Muba No 643/BUPATI/2009 tentang panitia pemberangkatan dan penjemputan calon jamaah haji Kabupaten Muba.

Dia menyebutkan,pelepasan jamaah haji yang dilakukan secara simbolis ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Muba dalam upaya peningkatan pelayanan kepada jamaah calon haji. Selain itu, untuk meningkatkan tali silaturahmi sesama CJH, sekaligus memberikan doa kepada semua CJH.“Tahun ini CJH Muba berjumlah 309 orang dari 11 kecamatan dalam Kabupaten Muba,”terang Amri kemarin.

Pada tahun ini, sambung Amri,jamaah tertua berasal dari Desa Cipta Praja, Kecamatan Keluang, dengan umur 91 tahun dan yang termuda berumur 17 tahun dari Kelurahan Kayuara, Kecamatan Sekayu. Selain itu, jumlah jemaah tahun ini meningkat sekitar 30 % dari jumlah tahun lalu yang hanya 215 CJH. 309 CJH tersebut dibagi dalam 27 regu dan 7 rombongan, yang tergabung pada kloter 14 gelombang II.

Dalam rombongan CJH Muba tahun tersebut, terdapat beberapa pejabat yang berangkat menunaikan rukun islam terakhir tersebut.“Keberangkatan CJH Muba tahun ini memang lebih banyak dari tahun lalu.Hal tersebut membuktikan bahwa tingkat ekonomi Kabupaten Muba meningkat dari tahun-tahun sebelumnya,”tukasnya.

Sementara itu,Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Muba Sudansi Nasmi menyebutkan, ke-309 CHJ Muba menerima bantuan uang saku sebesar Rp1,25 juta, ditambah perlengkapan mandi, beberapa helai pakaian, dan atribut haji lainnya. Selain itu, pihaknya telah menyiapkan seluruh fasilitas sebelum keberangkatan di Palembang.

Jadi, CJH asal Muba tidak perlu dipusingkan dengan masalah penginapan sebelum diterbangkan ke Arab.“Pemkab Muba pada tahun ini memberikan bantuan uang saku dan beberapa perlengkapan haji lainnya, sehingga dapat meringankan beban CJH selama di Tanah Suci nantinya,”katanya.

Sumber: Sindo 09/11/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: