BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, November 4, 2009

Kejati Bantah Tangani Kasus Dugaan Korupsi PU Bina Marga

PALEMBANG – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel hingga kemarin masih terus berusaha menutupi informasi pemeriksaan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Sumsel Heri Amalindo oleh tim penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia (RI).

Kepala Seksi Penegakan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasi Penkum dan Humas) Kejati Sumsel Apandi menegaskan, pihaknya tidak mengetahui ada tidaknya pemeriksaan tersebut.“Setahu saya kejati tidak menangani perkara itu, dan hari ini tak ada pemeriksaan terhadap dia (Heri Amalindo),”ujar Apandi kepada SI kemarin. Menurut Apandi, pihaknya tak menutup-nutupi informasi terhadap publik.Jika pihaknya melakukan pemeriksaan maka dapat dipantau.

“Hari ini tak ada pemeriksaan. Karena kita masih sibuk dengan rangkaian tes para calon CPNS Kejaksaan se-Sumbagsel,”katanya. Apandi mengakui jika Direktur Penuntutan Kejagung RI Fietra Sani memang masih ada di Palembang dan tengah sibuk mewawancarai ratusan peserta CPNS. “Beliau (Fietra Sani) saat ini belum bisa ditemui karena masih sibuk memberikan tes terhadap peserta. Silakan saja jika mau konfirmasi dengan Wakajati,”ujarnya. Wakajati Sumsel Djungker Sianturi SH saat dihubungi via telepon mengaku pihaknya tidak melakukan pemeriksaan atas kasus yang dimaksud.

“Hari ini nggak ada pemeriksaan terhadap pejabat yang dimaksud.Namun hari ini kita sibuk mempersiapkan raker. Di mana tim klarifikasi data mempersiapkan raker,jadi tak ada pemeriksaan,”ujarnya. Saat ditanya mengenai kasus dugaan korupsi atas Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel, Sianturi mengatakan, pihaknya tak menangani perkara tersebut. “Setahu saya,tak ada pemeriksaan dan juga kami tak tanganinya,”tandasnya. Sementara itu, ditemui di kantornya, Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel Heri Amalindo tidak berada di tempat. Heri Amalindo dinyatakan masih sibuk di luar kantor memenuhi undangan Pengambilan Sumpah dan Janji Unsur Pimpinan DPRD Sumsel di Gedung DPRD Sumsel kemarin.

“Beliau tak ada di kantor sejak pagi dan sampai saat ini,”ujar salah satu staf Humas Dinas PU Bina Marga Sumsel. Hal serupa diungkapkan salah seorang Jaksa Penuntut Pidsus Kejati Sumsel Gunawan Sumarsono. “Wah,Kejati memang tak tangani perkara itu, semua data perkara saya miliki. Termasuk perkembangan kasus yang ada di lingkungan Kejati Sumsel dan pemeriksaan pun tak ada,”tukasnya. Seperti diberitakan kemarin, mantan Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Heri Amalindo Senin (2/11) diperiksa tim Kejaksaan Agung di Kejaksaan Tinggi Sumsel, Palembang.

Kuat dugaan Heri diperiksa terkait sejumlah proyek APBD tahun 2007 ketika dia menjabat Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Muba. Sumber SI di Kejati Sumsel menyebutkan, selain Heri,seorang pejabat di Dinas PU BM Muba berinisal Rz juga ikut diperiksa tim Kejagung yang khusus diturunkan ke Sumsel tersebut. Heri dan Rz diperiksa lebih dari 5 jam dan baru keluar dari kantor Kejati sekitar pukul 18.00 WIB. Sayangnya Heri tidak bisa dikonfirmasi karena buru buru memasuki mobilnya dan bergegas meninggalkan kantor kejati.

Sekretaris Kepala Dinas PU BM Sumsel Ir Syarbani MSc ketika dikonfrmasi SI via telepon mengakui adanya pemeriksaan terhadap Heri Armalindo tersebut. “Beliau (Heri Amalindo) memang sedang diperiksa di Kejati” ujarnya. Namun Ir Syarbani MSc mengaku tidak tahu terkait kasus apa atasannya tersebut diperiksa tim kejaksaan tersebut.

“Kalau soal kasusnya saya tidak tahu.Tapi kalau pemeriksaan memang ada,” ujarnya singkat.

Sumber: Sindo 04/11/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: