BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Friday, February 19, 2010

Ikan Botia Tembus Pasar Eropa

SEKAYU - Kekayaan alam Muba tak hanya minyak dan gas, ternyata Ikan Bonia, ikan hias asal Muba menembus pasar eropa. ‘’Ikan Bonia ini sering disebut ikan keuclang, ikan ini tergolong dalam ikan hias yang hidup di sepanjang perairan Sungai Musi, tetapi hanya saat air pasang,’’ ujar Kepala Dinas Perikanan Muba Ahmad Mukohir,kemarin.

Ikan ini, lanjutnya, juga terdapa di Kalimantan sepanjang Sungai Kapuas dan Mahakam. ‘’Yang membedakan warna ikan. Jika Botia Kalimantan berwarna agak buram, sedangkan Botia Muba berwarna kuning terang. Jadi ikan ini Botia Muba memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi, bahkan berhasil menembus pasar Eropa,’’ katanya.Saat ini, ada kendala dalam pemasaran ke konsumen khususnya memenuhi permintaan pasar eropa dan asia. ‘’Ikan ini hanya ada air pasang, belum ada penangkaran atau pengembangbiakan khusus. Jadi kita hanya mengandalkan ikan botia saat air pasang,’’ jelasnya.

Untuk harga tergantung ukuran diameter, dengan kisaran Rp500 hingga Rp2.500 per ekor. ‘’Ikan ini sempat menembus harga Rp4.500 per ekor, namun ikan tersebut pernah menghilang pada 2008 dan 2009. Karena kondisi air Sungai Musi yang memang tidak pasang terlalu tinggi,’’ katanya.Dikatakannya, semakin tinggi air Sungai Musi, maka jumlah ikan semakin banyak. ‘’Tahun ini kita berencana membentuk beberapa kelompok tani khusus pengembangan ikan botia, kita akan menggandeng IPB dan ITB,” tukasnya.

Bupati Muba H Pahri Azhari yang meninjau ikan botia di Kampung Sekayumengatakan, mengingat tingginya permintaan pasar eropa dan asia terhadap ikan botia maka tahun ini akan dibuat peternakan khusus.

Sumber: Sumeks 17/02/10

1 comment:

Anonymous said...

Jual produk-produk untuk pembenihan ikan dan udang al : Artemia, Spirulina, Ovaprim, Flake, Pakan powder, Multivitamin dll.
Terima Kasih
Yanto - Pemalang, Jateng
HP. 0812 2841 280

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: