BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Thursday, February 11, 2010

Jalinteng Kian Parah

Sekayu - Kondisi jalan lintas tengah (Jalinteng) yang menghubungkan Kota Sekayu dengan Musi Rawas (Mura) tepatnya di Kecamatan Babat Toman, Muba terancam putus. Hal ini karena longsornya jalan akibat tergurus tekanan air Sungai Musi hingga menyebabkan ruas jalan menyempit. Selain itu salah satu pipa PDAM Tirta Randik pun terancam putus. Pasalnya, badan jalan menimpa pipa. Jika dibiarkan, tak hanya menyulitkan kendaraan yang melintas namun distribusi air bersih terancam terputus.

‘’Kondisi kerusakan jalan hampir sebulan, pemprov belum turun ke lapangan atau menurunkan tim,” kata Saharudin (49) warga Desa Kemang.Dikatakannya, kerusakan jalan ini merupakan urat nadi menghubungkan beberapa desa di Muba dengan pusat kota, termasuk menghubungkan Muba dengan Bengkulu,Empat Lawang, Lubuk Linggau, Pagar Alam, dan daerah lainnya.

‘’Jalan ini merupakan alternative mempersingkat jarak tempuh ke beberapa daerah lainnya, namun dengan kondisi longsor ini, dikhawatirkan hubungan ke beberapa daerah terancam putus,’’ paparnya.Pemkab Muba melalui pihak Kecamatan Babat Toman telah mengantisiapsi dengan memasang dam dari besi dan melakukan perbaikan agar jalan tak rusak atau longsor. ‘’Namun tingginya mobilitas dan beban yang berat kondisi jalan kembali memburuk,’’ pungkasnya.Camat Babat Toman Bustanul Arifin mengatakan, rusaknya jalan ini disebabkan terjangan arus beberapa anak sungai.

‘’Kita telah mengajukan usulan ke pemprov untuk secepatnya memperbaiki jalan jalan tersebut. Sayangnya hingga kini belum ada upaya perbaikan,’’ ujarnya yang telah melakukan tanggap darurat dengan penimbunan sementara.

Sumber: Sumeks 09/02/10

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: