BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Friday, February 5, 2010

Jangan Lupakan Jasa Pejuang

SEKAYU - Kemerdekaan (tazmalinda) yang dinikmati seluruh bangsa Indonesia saat ini, tidak lepas dari pengorbanan dan jasa para pejuang. Menurut Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Pahri Azhari, tanpa perjuangan dari para pahlawan,tidak akan ada Muba.

Karena itu,dia mengajak elemen masyarakat lainnya untuk bersyukur serta mampu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. “Tanpa pejuang, Muba takkan pernah ada,”tegasnya dalam acara pemasangan bambu runcing di makam pejuang Muba kemarin. Hasil perjuangan yang ada sekarang, menurut Pahri,harus direnungi semua pihak.Sebab,kemerdekaan diperoleh dengan pengorbanan yang besar,mulai dari harta, nyawa dan keluarga.Para pejuang pun tak pernah memperhitungkan apa yang akan diperoleh dari perjuangan mereka.

Semua pejuang, kata Pahri lagi, berjuang dengan satu tujuan, yaitu kemerdekaan dan hidup bebas dari penjajahan. “Jika perjuangan sudah tidak dihargai oleh para penerus, maka bangsa Indonesia akan mengalami kemunduran,”jelas dia. Penghargaan kepada pejuang, ujar dia,bukan hanya bintang jasa dan gelar kehormatan. Akan tetapi, diperlukan upaya untuk mengisi kemerdekaan dengan segala hal positif,karena berkat jasa pahlawan,manusia Indonesia bisa hidup bebas seperti sekarang.

“Musuh bangsa ini sudah tidak terlihat,dan lebih berbahaya dari penjajahan zaman dahulu,” jelasnya. Pahri mengungkapkan, untuk mengatasi hal tersebut, harus ditumbuhkan rasa nasionalisme dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam jiwa setiap generasi muda. Diharapkan, dengan nilainilai kepahlawanan bagi generasi muda dapat memberikan semangat demi kemajuan bangsa. “Semangat nasionalisme akan luntur apabila setiap individu dari generasi muda tidak lagi memahami dan mengetahui arti sebuah perjuangan,”tukasnya.

Sementara itu, salah satu pejuang Muba Yusman Haris, 79, mengatakan, nilai-nilai perjuangan memang harus selalu dipertahankan. Sebab, kemerdekaan memakan banyak nyawa, harta dan keluarga.

Sumber: Sindo 04/02/10

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: