BERITA MUBA sangat berterima kasih apabila Anda memberikan suatu bentuk apresiasi dalam bentuk kritik, saran, komentar ataupun tulisan dan opini karena hal tersebut akan sangat membantu untuk pembanggunan MUBA di masa mendatang. Kirim Tulisan/Opini ke asahnet@gmail.com atau asahinternet@yahoo.com

Wednesday, February 3, 2010

Sekayu-Betung Bisa Putus

SEKAYU -Walaupun Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel masih terus melakukan peningkatan infrastruktur jalan provinsi jurusan Sekayu-Betung, namun kerusakan jalan akibat longsor dan robohnya sayap jembatan tidak bisa dielakkan. Jalan longsor dan sayap jembatan yang amblas ke sungai terjadi di jalan raya Sekayu-Betung di kawasan Dusun II Lumbajaya Desa Lumpatan II Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Senin (28/12) pukul 13.00.

Pantauan di lokasi, sayap sebelah kiri jembatan menuju Kecamatan Betung atau lima kilometer dari arah Sekayu ini roboh lalu jatuh ke dasar sungai yang berada di bawah jembatan. Robohnya sayap jembatan ini diikuti pula dengan amblasnya aspal jalan akibat longsor dan penggerusan tanah di bawah jembatan.

Longsornya aspal jalan ini membentuk lubang hingga berdiameter 2 meter, sehingga nyaris menghabiskan sebagian badan jalan menuju Betung. Kondis ini diperparah oleh padatnya kendaraan yang terus melewati lokasi, sehingga sempat memacetkan arus lalu lintas hingga 2 KM.
Hingga pukul 17.00 kemarin, belum ada tanda-tanda perbaikan oleh dinas terkait, sehingga

pengendara harus ekstra hati-hati terutama yang akan melalui jalan dari arah Sekayu. Kerusakan jalan ini sempat pula memacetkan arus lalu lintas Lubuklinggau-Sekayu-Palembang menejelang malam kemarin, sehingga membentuk antrean satu jalur karena kendaraan yang lewat khawatir kerusakan akan semakin melebar bila melalui jalur kiri menuju Betung.

Selain itu banyaknya pedagang duku di pinggiran jalan sempat memacetkan arus lalu lintas di sekitar lokasi jembatan. Sementara itu di lokasi terpisah jalan Sekayu-Betung masih dalam perbaikan dan sudah nampak mulus terutama di Kecamatan Lais menuju Betung dan Desa

Bailangu menuju Sekayu. Sebelum memasuki Dusun Lumbajaya juga ditemukan beberapa lubang yang menganga, sementara air tumpahan Sungai Musi mulai menggenangi perumahan warga di Desa Lumpatan.

Menurut Ita (31) warga Dusun II Desa Lumpatan, robohnya sayap jembatan ini lebih dulu terjadi sekitar pukul 13.00 diikuti amblasnya aspal jalan menuju jembatan. Kondisi ini baru diketahuinya setelah beberapa kendaraan yang lewat memberikan kode kepada para sopir bahwa lokasi jembatan sepanjang delapan meter ini dalam bahaya. “Kami diberitahu sopir kalau jembatan ini dalam bahaya karena aspal dan bahu atau sayap jembatannya amblas ke sungai,” kata Ita.

Sementara itu Jufrianto (35) pengemudi truk CPO yang lewat di lokasi mengatakan bila tidak cepat diperbaiki bukan tidak mungkin Sekayu menuju Palembang akan putus. Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Muba, Ir H Suhaimi yang dikonfirmasi melalui ponselnya belum bisa memberikan keterangan rinci, karena harus mengecek dulu ke lapangan sebelum berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Sumsel.

Sumber: Sripo 28/12/09

No comments:

Ingin mendapatkan berita secara cepat? Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian untuk mencari artikel yang anda cari di Berita Muba ini: